Saturday, November 29, 2014

Punggung Anda Bungkuk? Jangan Khawatir: Tips Mudah Latihan Untuk Meluruskan Punggung Bungkuk

loading...
Beberapa orang mengeluhkan bentuk punggungnya yang tidak lurus alias bungkuk. Selain bisa 'merusak' penampilan, mereka merasa punggung bungkuk juga membuat body tidak nyaman.

Dalam dunia keseharan, gejala punggung bungkuk biasa disebut sebagai Kyphosis, yaitu suatu kondisi tulang belakang yang melengkung.

Orang tua sering meminta anak mereka untuk selalu duduk tegak, hal ini demi menjaga tulang belakang tetap lurus.

Nah, bagi anda yang merasa punggung bungkuk, anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini sebagai solusinya, beberapa latihan khusus ini bisa menyembuhkan kyphosis. Penasaran?

1. Postur
Anda perlu memperhatikan postur tubuh Anda. Kita seringkali menekuk punggung atas, termasuk bahu, untuk menghindari rasa nyeri di bagian punggung bawah. Namun, postur tubuh Anda akan mempengaruhi tulang belakang. Ketika Anda merasakan nyeri di bagian punggung bawah, pastikan Anda tetap duduk, berdiri atau tidur dalam posisi lurus. (lihat gambar paling atas)

2. Peregangan
peregangan
Pastikan tulang belakang, tangan dan kepala Anda telah dalam posisi lurus. Lalu, perlahan-lahan mulai bungkukkan kepala Anda ke bawah sejauh yang Anda bisa. Anda akan merasakan peregangan pada bagian punggung. Lakukan ini 2-3 kali sehari selama 2 minggu. Setelah itu, pastikan tulang belakang Anda selalu dalam posisi lurus.

3. Memperkuat Otot-otot Leher
Tekan telapak tangan Anda ke dahi. Kemudian perlahan-lahan mulai dorong kepala Anda ke belakang. Gunakan otot-otot leher untuk menahan gerakan tersebut. Lakukan ini selama 5-6 detik. Rileks dan ulangi 3-4 kali. Lakukan latihan ini sekali dalam sehari untuk menyembuhkan kyphosis atau bungkuk.

4. Latihan Kabel
latihan kabel
Seated cable row adalah salah satu latihan peregangan yang baik untuk mencegah bungkuk. Tempatkan kaki Anda pada footpads dan tekuk lutut sedikit. Pegang tali dengan kedua tangan dan kemudian tarik ke arah dagu. Jagalah agar siku tetap tinggi dan menempatkan lengan atas sejajar dengan lantai. Anda harus duduk dalam posisi lurus saat melakukan latihan ini.

5. Hindari Sit-up berlebihan
Latihan binaraga yang berlebihan dapat menyebabkan bungkuk. Sebaiknya, kurangi latihan sit-up karena dapat melebarkan tulang belakang. Hal ini bisa menyebabkan kelemahan refleksif otot-otot di tulang belakang.

6. Berbaring lurus dan angkat bokong perlahan
Tempatkan tangan Anda di sisi tubuh dan angkat sedikit. Kemudian secara perlahan tekan otot pantat dan naikkan posisi dada sejauh yang Anda bisa. Tahan selama beberapa detik. Rileks dan ulangi 8-10 kali.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih