Thursday, November 20, 2014

Efek Negatif Akibat Mandi Dengan Air Panas

loading...
Benarkah mandi dengan air panas dapat menyebabkan mandul? Ini pertanyaan yang banyak dilontarkan dan dikhawatirkan banyak pria.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang hal ini, harus kita akui bahwa mandi dengan air hangat memang menyegarkan, apalagi saat keadaan sedang dingin. Mandi dengan air panas atau hangat juga memang memiliki beberapa manfaat, seperti memperlancar peredaran darah.

Namun bagi anda yang hobi sekali mandi dengan air hangat, harus mengetahui bahwa ada dampak negatif dari mandi air panas ini.

Berikut adalah dampak negatif mandi dengan air hangat.

1. Bisa menghilangkan minyak alami kulit
Sabun yang banyak memiliki busa mengandung bahan yang disebut dengan surfaktan, jika dibilas dengan air panas, maka akan mengikat dan menghilangkan minyak alami kulit. Ada baiknya menggunakan sabun yang sedikit protein agar kulit tidak kering dan tetap terhidrasi.

2. Membuat kulit iritasi dan semakin kering
Hal ini bisa terjadi dengan catatan jika kulit anda memang telah mengalami kekeringan dan bersisik. Jika anda tetap membilasnya dengan air hangat, maka akan memperparah kulit kering bahkan bisa iritasi.

3. Menyebabkan masalah kulit
Pada dasarnya mandi dengan air hangat memang bisa menghilangkan minyak alami kulit, akibatnya akan timbul beberapa masalah kulit seperti gatal - gatal, kulit kering dan lainnya.

4. Menurunkan kualitas sperma
Harus di waspadai bagi kaum laki - laki, berendam dalam air panas tidak baik bagi testis, sesuai penelitian, berendam air panas selama 30 menit akan menurunkan kualitas sperma Hal ini dapat membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang, karena perkembangan sperma sangat baik pada lingkungan yang dingin.

5. Memperbesar pori - pori
Jika anda menyudahi mandi air hangat dengan bilasan air dingin, hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan wajah, karena lubang pori - pori akan terbuka lebih lebar dan meningkatkan riisiko timbulnya jerawat.

6. Benarkan berbahaya bagi janin?
Sebenarnya tidak ada masalah jika ibu hamil mandi dengan air hangat, namun harus diperhatikan suhunya, jika suhu terlalu tinggi akan sangat membahayakan bagi kesehatan janin alias menyebabkan cacat lahir pada keturunan anda.

Jadi itu lah dampak negatif mandi dengan air hangat, namun dibalik itu semua, mandi dengan air hangat juga memiliki manfaat kok, seperti memperlancar sirkulasi darah dan membuat rambut sehat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih