Monday, November 3, 2014

Perbandingan Harga Bahan Bakar di Beberapa Negara Di Dunia, Dari Yang Termurah Hingga Yang Termahal

loading...
Benarkah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia murah? Untuk mengetahui hal ini, kita tentu harus melakukan studi perbandingan.

Harga BBM jenis Bensin (RON 88) di Amerika Serikat adalah Rp. 10.750 per liter, bandingkan dengan di Indonesia yang saat ini harga bensin adalah Rp 6.500 per liter, dan rencananya akan dinaikkan dalam waktu dekat.

Bukankah itu lebih mahal? Tentu kesimpulannya tidak begitu sederhana, tapi harus dicari variabel perbandingan yang lain, terutama tentang standar hidup dan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat di kedua negara. Di Amerika Serikat, yang disebut dengan penduduk miskin adalah mereka yang memiliki penghasilan per bulannya hanya Rp 8.05 juta per orang (bukan per KK!)

Sedangkan di Indonesia, yang disebut penduduk miskin adalah mereka yang penghasilan per bulannya Rp 233.740 per Kepala Keluarga (bukan per orang).

Mari kita simak ulasan dalam Republika berikut ini:
WASHINGTON–Amerika Serikat kini kebanjiran orang miskin. Berdasarkan data terbaru dari Biro Sensus AS, jumlah orang miskin di negara superpower itu sudah mencapai 46,3 juta jiwa.
Apa indikator kemiskinan di AS? Sama halnya dengan Indonesia, indikator orang miskin dihitung dari besaran penghasilan mereka. Bila Indonesia menggunakan penghasilan per bulan, maka AS menggunakan penghasilan per tahun.
Dalam survei terkini mereka, orang yang disebut miskin di AS adalah orang (satu individu) yang penghasilan per tahunnya hanya 11.139 dolar AS atau sebesar Rp 96,7 juta. Ini berarti orang miskin di AS penghasilannya sebulan mencapai Rp 8,05 juta.
Selain itu, batas kemiskinan di AS juga dihitung berdasarkan keluarga. Satu keluarga (dua anak) dianggap miskin bila penghasilan hanya 22.314 dolar AS per tahun atau per bulannya hanya sekitar 1.859 dolar.
Di Indonesia, Biro Pusat Statistik yang menyelenggaran survei penduduk miskin menemukan, penduduk miskin adalah warga keluarga yang penghasilan per bulannya Rp 233.740.-
Dengan demikian, perbedaan penghasilan antara penduduk Indonesia ada selisih 35 kali lipat untuk setara dengan penduduk miskin di Amerika.

Jadi harga BBM bensin di Amerika seharusnya = 35 x Rp 6.500 = Rp 227.500 per liter. Tetapi hanya dijual Rp 10.760/liter. Sangat murah bukan !

Harga bensin Indonesia seharusnya = Rp. 6.500 : 35 = Rp 185,7 per liter. Tetapi di jual 6.500 per liter (dan rencananya akan dinaikkan lagi).

Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) juga menyatakan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Indonesia tidak termasuk murah. Bila dibandingkan dengan negara lain, harga BBM bersubsidi di Indonesia cenderung lebih mahal.

Harga BBM di luar negeri terkesan mahal, tapi itu karena kualitasnya juga lebih baik, di banyak negara sudah tidak lagi menggunakan RON 88. Kualitas BBM di di luar negeri rata-rata merupakan kategori 4 untuk yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan dengan standar Euro 5, sudah masuk dalam standar World Wide Fuels Charter (WWFC) kategori 1. Sementara bahan bakar di Indonesia, produk Pertamax dan Pertamax Plus serta Pertamax Dec masih masuk kategori 2 WWFC.

Selama ini penetapan harga BBM bersubsidi menggunakan acuan MOPS (Mean of Platts Singapore). Per Juni 2014, saat harga minyak mentah dunia US$ 108 per barel, harga bensin menurut MOPS menjadi Rp 8.754 per liter dengan kualitas RON 92 atau Pertamax. Karena itu tidak fair jika digunakan sebagai penetapan harga Premium yang kualitasnya RON 88.

Kepanikan masyarakat tentang naikknya harga BBM ini pastilah berdampak besar dengan harga-harga yang lain, khususnya kebutuhan pokok.

Negara mana saja yang memiliki Harga BBM Termahal di dunia ? Lalu negara mana yang memiliki tingkat harga BBM termurah di dunia ? Postingan ini bisa dijadikan acuan bagi kita semua dan dapatkan membandingkan dengan harga BBM di negara kita.

Harga BBM Termurah Di Dunia

10. United Arab Emirates ($ 0.37/liter atau Rp.4.300,-/L)
United Arab Emirates adalah sebuah negara yang menarik untuk menjadi tempat tinggal. Selain memiliki salah satu harga BBM termurah di dunia mereka juga negara terkaya nomor 4 di dunia.

9. Bahrain ($ 0.27/litre atau Rp.3.159,-/L)
Sebagai negara dengan luas wilayah yang kecil dan mempunyai akses yang luas pada negara- negara produsen minyak, maka jangan heran jika harga BBM di negara ini murah meriah.

8. Qatar ($ 0.22/litre atau Rp.2.575,-/L)
Dengan produk minyakya yang melimpah dan dengan jumlah penduduk yang tak tertlalu besar, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. wajar saja negara ini mempunyai kemampuan untuk menjual minyak yang mahal ke luar negeri dan menjualnya dengan harga murah di dalam negeri.

7. Kuwait ($ 0.21 / liter atau Rp.2.457,-/L)
Hampir sama seperti di Qatar, Kuwait adalah negara nomor 5 terkaya di dunia, jadi sangat masuk akal bahwa harga BBM di Kuwait sedikit lebih murah daripada di Qatar.

6. Libya ($ 0.14/Liter atau Rp.1.636,-/L)
Negara yang baru saja terkena krisis pemerintahan ini adalah negara dengan cadangan minyak terbesar di Afrika dan nomer 9 di dunia. Pantas saja kalo harga minyak di negara ini miring.

5. Arab Saudi ($ 0.12/liter atau Rp.1.404,-/L)
Saya rasa tak ada yang meragukan negara ini untuk membentuk harga murah terhadap BBM di negara ini. Semua orang di dunia ini juga tahu kalo negara ini adalah dedengkotnya petrodollar.

4. Iran ($ 0.11/liter atau Rp.1.287,-/L)
Walaupun oleh para ahli negara ini diperkirakan akan kehabisan cadangan minyak pada 74 tahun mendatang, namun negara ini nyatanya tetap memberlakukan harga murah untuk BBM di negara ini.

3. Nigeria ($ 0.10/liter atau Rp.1.170,-/L)
Nigeria memiliki cadangan minyak 10 terbesar di dunia. namun juga memiliki catatan konflik yang berkepanjangan,jadi jangan heran jika pemerintah setempat tak ingin membuat rakyat marah dengan harga BBM yang tinggi.

2. Turkmenistan ($ 0.08/liter atauRp.936,-/L)
Entah sebab apa negara ini bisa mempunyai harga yang rendah untuk minyak mereka, yang jelas, negara yang terletak di sekitara perbatasan Asia dan Eropa ini mempunyai harga yang rendah untuk BBM, bahkan harga seliternya lebih murah dari sebungkus mie instan.

1. Venezuela ($ 0,05 / liter atauRp.585,-/L)
Venezuela dipimpin oleh Alm. Presiden Hugo Chávez – cukup terkenal untuk orang-orang yang mengikuti politik internasional. Seorang sosialist. Ia melakukan hampir apapun yang ia pikir membantu rakyatnya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Tentunya dengan harga BBM yang murah, akan lebih mudah rakyat memilih dia kembali pada pemilu.
harga bbm termurah dan termahal

Harga BBM Termahal Di Dunia
10. Amsterdam Belanda
Amsterdam telah sejak lama menjadi kota pejalan kaki sehingga harga Rp. 18.800 untuk satu liter bensin tidak akan memperlambat laju ekonomi di kota ini. Sepeda dan transportasi umum telah menjadi moda transportasi pilihan utama di kota yang indah ini.

9. London, Inggris
Berkat tingginya harga bensin di London dan seluruh Inggris, para konsumen akan merasakan kenaikkan harga barang-barang lainnya untuk mengimbangi biaya produksi dan pengiriman barang.

8. Brussels, Belgia
Seperti kebanyakan negara di Eropa, harga sebesar Rp. 19.200 per liter bensin disebabkan tingginya pajak yang dikenakan pada bensin oleh Uni Eropa.

7. Stockholm, Swedia
Harga bensin telah mencapai rekor tertinggi di seluruh Swedia, mencapai hingga sekitar Rp. 19.700 per liter. Para analis memperkirakan harga bensin yang tinggi ini disebabkan oleh sejumlah faktor yaitu pasar minyak dunia, nilai tukar dollar yang melemah dan sabotase terhadap instalasi minyak dunia. Menariknya, jika bensin tidak dikenai pajak yang tinggi, Stockholm akan memiliki bensin dengan harga termurah di dunia Barat.

6. Kopenhagen, Denmark
Dengan harga Rp. 19.750 per liter bensin, mengisi penuh tangki mobil anda akan kira-kira menghabiskan biaya sebesar Rp. 1.200.000. Harga bensin yang tinggi ini merupakan alasan mengapa sebagian besar penduduk Kopenhagen tidak memiliki keinginan untuk memiliki kendaraan. Sebaliknya, warga terbiasa dan lebih senang berjalan, menggunakan transportasi umum atau berpartisipasi dalam program berbagi sepeda.

5. Monte Carlo, Monako
Produsen otomotif di Monte Carlo telah mendorong penggunaan energi alternatif karena tingginya harga bensin. Mobil bertenagakan listrik menjadi sebuah solusi untuk harga bensin sebesar Rp. 19.800 per liter. Meskipun bensin sebenarnya masih digunakan dalam sebuah mobil listrik, biaya untuk mengisi bensin menurun secara drastis dalam mobil yang telah didukung oleh tenaga listrik.

4. Athena, Yunani
Rp. 20.000 per liter adalah harga yang harus anda bayar untuk mengendarai mobil anda di Yunani. Harga berfluktuasi dengan cepat dan sering, dikarenakan krisis dan gejolak yang terjadi di Mesir dan Libya.

3. Oslo, Norwegia
Pajak bensin yang luar biasa tinggi yang ditetapkan oleh Uni Eropa membuat orang-orang di Oslo harus membayar Rp. 21.800 per liter. Yang mengejutkan, neara ini sebagian besar kekayaannya didapat dari sektor ekspor minyak.

2. Asmara, Eritrea
Pembatasan dan seringnya kekurangan pasokan bensin membuat harga bensin di negara ini sangat tinggi. Dengan harga sekitar Rp. 22.600 per liter, anda dapat menghabiskan hampir sekitar Rp. 1.500.000 untuk mengisi penuh tangki sebuah mobil keluarga.

1. Istanbul, Turki
Kota ini menawarkan harga bensin tertinggi di dunia dengan harga Rp. 22.600 per liter. Tingginya harga ini disikapi oleh Walikota Kadir Topbas dengan merencanakan untuk menciptakan sebuah merek bahan bakar dengan harga ekonomis dan rantai pom bensin yang berlokasi di seluruh kota.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih