Saturday, November 8, 2014

[Kontroversi]: ArKay, Wiski Halal Pertama Di Dunia... Benarkah Halal?

loading...
Meminum minuman keras adalah dosa besar dalam agama Islam. Hukumnya tegas dalam Al-Qur'an dan Hadits, bahwa khamar atau minuman keras merupakan perbuatan syetan.

Salah satu jenis khamar yang cukup populer di dunia adalah Wiski. Wiski adalah minuman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing (dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan), dan hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan dengan cara disimpan di dalam tong kecil dari kayu (biasanya kayu ek).

Jenis wiski yang dihasilkan bergantung jenis serealia yang dipakai sebagai bahan baku, yakni jelai, malt (jelai yang dikecambahkan), gandum hitam (rye), rye yang dikecambahkan, gandum, dan jagung. Wiski berasal dari bahasa Gaulia untuk "air" (uisce atau uisge). Di Skotlandia disebut uisge-beatha, sedangkan di Irlandia disebut uisce beatha yang berarti "air kehidupan". Keduanya berkaitan dengan bahasa Latin aqua vitae yang juga berarti "air kehidupan".

Karena populernya Wiski, minuman ini tersebar hampir ke seluruh dunia dan menjadi semacam minuman yang familiar, khususnya bagi kalangan non-Muslim.

Tapi yang mengejutkan, baru-baru ini, sebuah pabrik penyuling wiski di Skotlandia memproduksi sejenis wiski yang mereka label sebagai wiski Halal, artinya boleh dkonsumsi oleh umat Muslim. Wiski itu diberi nama Arkay.

Produsen mengklaim, wiski ini bebas alkohol dan ditargetkan untuk menjajal pasaran di negara-negara Islam dan Timur Tengah.

Seperti dikutip dari Dailymail, Arkay dipromosikan sebagai minuman yang memberikan 'rasa yang luar biasa dari wiski tanpa kandungan alkohol' dan ideal untuk dikonsumsi bahkan oleh mereka yang akan mengemudi (drink and drive).

Secara signifikan, wiski ini telah dilabeli sertifikat Halal yang membuka kemungkinan penjualan besar di seluruh dunia di negara-negara Muslim dan Timur Tengah.

Namun, juru bicara Asosiasi Whisky Skotlandia justru mengatakan: "Rasanya tidak mungkin untuk membuat wiski sebagai minuman bebas alkohol. Perusahaan ini sedang mencoba untuk mengeksploitasi reputasi wiski dengan pemasaran yang sangat tidak bertanggung jawab".

Arkay, yang diproduksi oleh sebuah perusahaan berbasis di Florida bernama Scottish Spirits Ltd ditengrai ternyata diproduksi di pabrik-pabrik di Panama. Minuman ini memiliki basis air yang digodok dengan berbagai bahan kimia, rasa dan pewarna ditambahkan.

Rencananya, wiski ini akan mulai dijual di seluruh dunia pada tanggal 1 Desember 2014. Di Inggris, harganya diperkirakan £ 10 per botol dan £ 4 untuk kaleng.

Produsen mengatakan bahwa Arkay memiliki nol persen alkohol dan dirancang untuk memungkinkan individu dengan kondisi medis atau dengan keyakinan agama yang melarang konsumsi alkohol meminumnya.

"Bayangkan bisa menikmati minuman wiski favorit Anda di pesta-pesta tanpa khawatir tentang minum dan mengemudi. Rasa Arkay persis sama seperti wiski tradisional. Sangat cocok untuk minum langsung atau pun di-mixer sesuai favorit Anda". ujar produsen.

Bagaimana menurut anda...?
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih