Sunday, September 22, 2013

THINK BIG Ala Ben Carson

Ben Carson MD (lahir tgl 18 september 1951) adalah  Direktur Bedah Saraf Anak di Rumah Sakit Johns Hopkins. Ia menduduki posisi yang terhormat ini sejak usianya baru 30 tahunan. Ia dianugerahi Presidential Medal of Freedom,  penghargaan sipil  tertinggi di Amerika Serikat oleh Presiden George W. Bush pada tahun 2008.

Ben Carson dikenal sebagai ahli bedah saraf dunia yang hebat. Ia adalah dokter pertama (dibantu oleh team dokter lain ) yang berhasil memisahkan dua bayi yang kembar siam. Walau pun operasi semacam ini yang dilakukannya tidak selalu berhasil, namun keberhasilan ini sangat fenomenal. Sebelumnya masyarakat dunia tidak menyangka bahwa hal ini bisa dilakukan.

Kisah dibalik kesuksesan sungguh luar biasa. Waktu kecil ia dikenal sebagai anak yang miskin dan bodoh. Suatu kali ibunya menyadarkannya bahwa ia sebenarnya bukan anak bodoh hanya kurang belajar. Maka sang ibu menekannya agar ia banyak membaca buku. Baik buku pelajaran maupun buku lainnya. Meski mereka miskin dan tak mampu beli banyak buku, ibunya meminjam buku-buku dari perpustakaan umum untuk dipelajari Ben.

 "Dalam kondisi miskin kita tak akan punya kesempatan untuk pergi ke mana-mana. Namun dengan buku kita bisa pergi ke mana pun kita mau, bisa jadi orang seperti apapun, dan bisa melakukan apapun yang kita inginkan" tutur ibunya.

Berkat disiplin yang ditanamkan ibunya itu akhirnya Ben sukses menjadi pelajar yang berprestasi. Ketika hendak mendaftar ke Unversitas, ia tidak memiliki banyak uang. Maka ia bekerja apa saja untuk bisa kuliah.

Kisahnya yang sangat memotivasi ini banyak diapresiasi oleh kalangan pendidikan sehingga ia banyak mendapat penghargaan.  Ia berbagi kiat suksesnya dalam sejumlah buku, salah satunya Think Big. Selalu berpikir besar (Think Big) inilah yang mendorongnya jadi orang sukses.

Salah satu ungkapan Ben yang terkenal adalah:
“God has given us more than fourteen billion cells and connections in our brain. Why would God give us such a complex organ system unless he expects us to use it?” 
 Apa itu "Think Big"  menurut Carson? Ia punya rumusan singkat, bahwa
Think Big terdiri dari 8 kunci sukses yang diurai dari delapan huruf (T-H-I-N-K-B-I-G)

T - singkatan dari "talent" (bakat) dan "time" (waktu). Kenalilah bahwa waktu dan bakat adalah hadiah dari Tuhan.

H - adalah "hope", harapan untuk hal-hal yang baik dan jujur (honest).

I - adalah "Insight", wawasan yang diperoleh dari orang atau buku-buku bagus.

N - adalah "to be Nice to all people", berbuat baiklah pada semua orang.

K - adalah "knowledge" (ilmu pengetahuan), kenalilah ilmu pengetahuan sebagai kunci kehidupan.

B - adalah "book" (buku), bacalah buku sebanyak-banyaknya.

I - "In-dept", belajar dan perdalamlah keterampilan.

G - adalah "God", Tuhan. Semua orang punya Tuhan. Jangan lupa pada Tuhan.

Ia menyimpulkan semua itu dari pelajaran yang diberikan ibunya.
 "Ketika saya sedang belajar ibu saya selalu bilang, ‘Kamu bisa melakukan apa saja yang orang lain lakukan, hanya saja kamu harus melakukannya dengan lebih baik' ".
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih