Friday, September 27, 2013

9 Bahasa Tubuh Yang Berguna Untuk Meningkatkan Karir dan Pribadi Anda

loading...
Saat digunakan dengan baik, bahasa tubuh bisa jadi kunci untuk mencapai kesuksesan. Dengan melakukannya, Anda bisa mengembangkan hubungan kerja, pengaruh dan motivasi positif bagi rekan serta lingkungan kerja Anda.

Seperti dilansir dari Forbes, bahasa tubuh bisa berupa gerakan tangan, kaki, senyum bahkan kontak mata. Meski tanpa bicara, bahasa tubuh Anda bisa menjelaskan apa yang sedang Anda rasakan. Seperti saat gugup, banyak orang cenderung menggigit jari, atau memainkan aksesoris yang dikenakannya.

Dalam mencapai kesuksesan, bahasa tubuh juga berperan sangat penting. Berikut sembilan tips bahasa tubuh yang bisa Anda gunakan untuk menggapai kesuksesan dalam berkarir:

1. Berdiri tegap dan angkat wajah Anda sedikit.
Kekuatan, status dan kepercayaan diri dapat terlihat dari cara Anda berdiri. Tegakkan badan, bahu, dan kepala Anda akan membuat diri Anda terlihat percaya diri.

Saat berdiri, Anda akan terlihat lebih meyakinkan dibanding mereka yang berdiri. Dengan posisi tubuh seperti itu, bahkan saat Anda duduk, Anda tetap terlihat lebih percaya diri daripada yang lain.

2. Lebarkan kaki Anda.
Saat Anda berdiri dengan kaki rapat, semua yang Anda bicarakan akan terdengar meragukan. Namun saat Anda melebarkan sedikit kaki Anda, melemaskan lutut, maka Anda akan terlihat lebih mantap dan percaya diri.

3. Rendahkan tekanan suara Anda.
Di tempat kerja, kualitas suara Anda dapat menjadi faktor kunci bagaimana orang lain menilai Anda. Para pembicara dengan nada tinggi dinilai kurang empati, kurang kuat dan lebih gugup dibanding pembicara dengan tekanan suara lebih rendah.

Berbicara dengan nada suara tenang juga akan membuat pendapat Anda terdengar penting untuk didengarkan.

4. Lakukan kontak mata yang positif.
Tak sedikit orang yang pemalu, tertutup atau datang dari latar belakang yang secara budaya jarang melakukan kontak mata langsung. Para pengusaha dari Amerika Serikat (AS), Eropa dan Australia, (dan banyak dari negara lain) berharap dapat melakukan kontak mata langsung sebanyak 50%-60% dari total percakapan.

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kontak mata adalah dengan memandang mata langsung teman bisnis Anda saat menyapanya.

5. Biarkan gerak tangan Anda ikut berbicara.
Bukan hanya mulut yang harus aktif berbicara, tapi tangan juga harus memperkaya isi pembicaraan tersebut. Mengingat bahasa tubuh sangat mempengaruhi pendapat Anda, menggunakannya juga bisa mengembangkan cara berpikir Anda.

Berbicara sambil menggerakkan tangan Anda bisa meningkatkan kemampuan dan kelancaraan Anda saat bicara. Tapi perlu diingat, tetap perhatikan intonasi suara..kadang berbicara perlu dengan suara yang agak keras dengan penekanan tertentu.

6. Gunakan bahasa tubuh yang tenang:
Gerakkan bagian tubuh Anda dengan tenang, bukalah tangan Anda hanya sekadar menandakan, Anda tak menyembunyikan apapun. Postur dengan tangan sedikit terbuka juga bisa menunjukkan kredibilitas diri Anda.

7. Jangan tunjukkan Anda terlihat gugup.
Saat kita merasa gugup banyak gerakan tubuh yang dilakukan seperti mengetuk-ngetuk jari ke meja, menghentak-hentakan kali ke lantai, atau memainkan aksesoris Anda.

Jika Anda termasuk yang melakukannya, tarik nafas dan jangan gerakkan kaki Anda. Menahan diri untuk tak bergerak berlebihan, bisa menunjukkan bahwa Anda orang yang tenang dan percaya diri.

8. Senyum
Tersenyum bisa berdampak besar pada sikap Anda. Orang-orang cerdas lebih memilih menunjukkan senyum di wajahnya.Tersenyum tak hanya menstimulasi pola pikir Anda tapi juga menyebabkan Anda bisa dipercaya dan mudah didekati.

Saat Anda tersenyum pada orang lain, mereka seringkali membalasnya. Melakukannya saat bekerja bisa menimbulkan aura yang positif.

9. Berjabat tangan dengan baik.
Sentuhan dengan orang lain lewat berjabat tangan dapat menandakan betapa kuatnya kemampuan Anda dalam bekerja. Cara berjabat tangan yang tepat bisa menunjukkan Anda adalah orang yang memiliki kredibilitas tinggi.

Jadi, mulai sekarang, mulailah berjabat tangan dengan baik, menggenggam erat, sambil tersenyum dan menatap lawan biacara.

Jangan asal ... asal kena ujung jari, tidak menggenggam dan sebagainya. Atau berjabat tangan, tapi wajah menoleh entah ke mana. Hal ini bisa merusak image anda.

Ingat....: Kesan pertama pada diri Anda akan menentukan karir Anda ke depannya

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih