Saturday, September 21, 2013

Informasi Lengkap dan Panduan Pendaftaran Kuliah di IIU Malaysia

loading...
Kampus IIUM di Gombak
Banyak teman-teman Facebook yang bertanya di inbox tentang bagaimana proses melanjutkan studi master dan doktoral di International Islamic University Malaysia (IIUM). Barangkali ada baiknya admin berbagi informasi secara lengkap di sini: 

Anda berniat melanjutkan kuliah ke luar negeri atau masih bingung untuk melanjutkan program Master dan Doktoral kemana? International Islamic University Malaysia (IIUM) bisa menjadi pilihan.

Kenapa IIUM? 
Sebagai sebuah universitas bertaraf International, IIUM atau juga dikenal dengan nama Universitas Islam Antarabangsa (UIA) adalah universitas populer dan berpengaruh di Malaysia. Dengan mahasiswa lebih dari 80 negara dunia, IIUM telah menghasilkan ribuan alumni mumpuni yang berkiprah di berbagai bidang.
 
Kunjungi Website resmi IIUM di http://www.iium.edu.my/

Highlight Studi di Malaysia: http://www.iium.edu.my/life-iium/studying-malaysia

A. Program Strata Satu (S1): Undergraduate Studies
1. Informasi Umum program kuliah dan persyaratan:http://www.iium.edu.my/programmes-courses#ug_health
2. Biaya kuliah:http://www3.iium.edu.my/finance/uploaded_files/2011/International%20Undergraduate4.pdf

B. Programa S2 (Master) dan S3 (Doktoral) : Postgraduate Studies

1. Informasi Umum program kuliah dan persyaratan:http://www.iium.edu.my/cps
http://www.iium.edu.my/cps/programmes-offered

2. Biaya Kuliah: http://www.iium.edu.my/cps/fee_structure
http://www.iium.edu.my/finance/services/available-services/fee-structures 

Proses Sederhana mendaftar di IIUM:

Pertama: pendaftaran berkas dan dokumen, melampirkan sebagai berikut :
1. Uang Pendaftaran RM 75 (Rp 250 ribu)
2. Fotocopy Ijazah dan transkrip dilegalisir masing-masing 3 lembar dengan nilai min. IPK 3.00, Good, Jayyid.
3. Terjemahan Ijazah dan Transkrip dalam bahasa Inggris dilegalisir masing-masing 3 lembar.
4. Lima (5) lembar pas photo ukuran 4 x 6.
5. Dua rekomendasi (tazkiyah) dari perorangan/lembaga/ormas Islam yang dikenal (dalam bahasa Inggris diutamakan).
6. Proposal Disertasi untuk program S3.
7. Bank Statemen dan fotocopy buku tabungan (Surat ini adalah keterangan dari bank bahwa wali/sponsor memiliki rekening di Bank bersangkutan dan mempunyai tabungan yang cukup untuk kuliah anak walinya. Surat tersebut ditujukan ke IIUM. biasanya Bank sudah punya format untuk surat seperti ini tinggal diminta)
8. Sertifikat IELTS/TOEFL (ini pilihan saja, kalau belum punya bisa mengikuti tes di IIUM setelah daftar ulang jika telah diterima secara administrasi)
9. Bisa dilampirkan juga fotocopy sertifikat prestasi atau kegiatan berprestise yang pernah diikuti. Dokumen ini bisa jadi pertimbangan tambahan panitia penerimaan MABA IIUM.

Kedua: Setelah berkas didaftarkan kita tunggu keputusan sampai nanti mendapatkan Offer Letter (Tanda Terima) dengan tanda terima ini nanti dipakai untuk daftar ulang yang biasanya dilakukan 2 minggu sebelum perkuliahan dimulai.Semua dokumen asli yang dilampirkan ketika daftar sebelumnya wajib dibawa untuk verifikasi, kemudian pada fase ini kita membayar uang pendaftaran, administrasi, kesehatan, asuransi dan uang kuliah semester pertama.

Ketiga: Setelah daftar ulang bagi mahasiswa yang tidak melampirkan sertifikat bahasa seperti TOEFL/IELTS, maka diwajibkan ikut tes internal IIUM namanya EPT (Englsih Proficiency Test) dan APT (Arabic Proficiency Test). Untuk EPT semua wajib mengikuti, kalau APT diikuti untuk calon mahasiswa yang akan masuk fakultas agama seperti IRKHS (Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences) yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab. Bagi lulusan timur tengah tidak perlu mengikuti APT cukup memverifikasi ijazah dan kemudian dianggap lulus untuk APT tapi EPT semua WAJIB ikut.

Keempat: Ketika hasil diumumkan biasanya 2-4 hari proses. jika nilai memenuhi standar maka bisa langsung mengambil mata kuliah, jika tidak maka kita harus masuk kelas bahasa untuk satu semester dimana di akhir semester tersebut akan diadakan tes kembali. setelah mencapai nilai standar baru kemudian boleh mengikuti perkuliah sesuai jurusan masing-masing.

Kelima: Masa normal kuliah di IIUM S1 4 tahun, S2 2 tahun, dan S3 3 tahun. 

Itulah proses yang akan dilalui jika ingin melanjutkan kuliah di IIUM.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih