Wednesday, September 4, 2013

Waspadai Bahaya Udara dari AC Mobil dan Pengharum Udara

Berada di ruangan ber-AC memang menyenangkan, apalagi di saat cuaca panas. Terlebih, belakangan ini, kota-kota di Indonesia saat ini sangat panas.

Tapi ada satu hal yang perlu diwaspadai, anda disarankan begitu masuk mobil jangan langsung menyalakan AC. Mengapa demikian?

Udara dari semprotan AC mobil bercampur dengan udara dalam mobil yang 'ngelekep' bisa menimbulkan udara yang menyebabkan kanker, bila dihirup.

Karena itu, begitu anda ingin naik mobil, sebaiknya buka semua kaca, lalu setelah itu baru nyalakan AC selama beberapa menit, baru kemudikan kendaraan tersebut dan tutup kaca-kacanya kembali.

Akhir-akhir ini penyakit kanker banyak menyerang manusia. Banyak yang bertanya-tanya, darimana saja penyebabnya.

Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil, sofa dan juga pengharum mobil menghasilkan Benzene, yasitu sejenis racun penyebab kanker (karsinogen). Karena itu, luangkanlah waktu dan amatilah bau plastik dashboard yang terkena panas.

Selain menyebabkan Kanker, Benzene dapat meracuni tulang-tulang anda, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih.

Bila terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan Leukemia, menambah resiko penyebab kanker, bahkan dapat juga mengakibatkan keguguran pada wanita hamil.

Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi adalah sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene. Jika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat Celcius ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40x dari tingkat Benzene yang bisa ditoleransi.

Orang-orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil, tidak membuka jendela sama sekali akan mau tak mau, menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk kedalam tubuh anda. Benzene adalah racun yang mempengaruhi ginjal dan hati. Buruknya, sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-racun tersebut.

Jadi, bukalah pintu dan jendela mobil seblum masuk, berilah waktu untuk racun-racun mematikan ini keluar sebelum anda masuk ke dalam mobil.. Bagikanlah info ini kepada orang-orang yang anda sayangi.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih