Tuesday, August 13, 2013

Mengapa Orang Buta Memakai Kacamata Hitam?

Bagi orang normal, kacamata hitam (sunglasses) berfungsi sebagai mode atau gaya. Namun tidak demikian halnya bagi orang buta.

Hampir di seluruh dunia, orang buta identik dengan kaca mata hitam. Entah kapan budaya ini dimulai, namun yang jelas kacamata hitam seringkali mengidentifikasikan orang buta.

Nah, apa kira-kira sebab orang buta memakai kacamata hitam ini?

Menurut kajian psikologis dan budaya, kacamata hitam yang dipakai orang buta sangat berpengaruh besar. Berbicara dengan orang buta yang memakai kacamata hitam jauh lebih nyaman dibanding dengan yang tidak berkacamata, yang bola matanya meliuk ke sana kemari, atau yang sudah memutih. Dengan kacamata hitam, seorang buta sebenarnya ingin menunjukkan bahwa dirinya menghargai anda yang sedang berbicara kepada dia.

Hal lain, ketika kita menatap mata seseorang ketika dia berbicara, kita sebenarnya dapat mengetahui apakah dia sedang berbohong atau tidak, apakah dia tengah sungkan, menghindar dan lain sebagainya. Sementara orang buta tidak mampu melakukan semua itu, menilai ataupun dinilai. Mata orang buta tidak mampu mengungkapkan isi hatinya. Dengan kacamata hitam, orang buta ingin melindungi dirinya dan orang lain dari prasangka-prasangka buruk yang mungkin terjadi.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih