Wednesday, August 14, 2013

Aneka Macam Jenis dan Bentuk Ketupat di Negeri Melayu

loading...
Siapa tak tahu ketupat? Mesti tahu lah... Apa lagi baru habis Raya Aidil Fitri...  :D Ketupat adalah hidangan khas yang terdapat hampir di seluruh wilayah Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda.

Ketupat memang paling banyak ditemui pada saat hari raya Aidil Fitri, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Selain itu, di Sumatera dan Semenanjung Malaysia, ketupat lazim dijadikan kawan makan sate.

Nah, biasanya, ketupat yang sering ditemui sehari-hari bentuknya selalu sama, segi empat sederhana. Padahal, sebenanya ada berbagai jenis ketupat yang dikenal masyarakat Melayu, namun sebagian besar memang kurang populer karena hanya sedikit orang yang pandai menganyamnya.

Berikut beberapa jenis ketupat:

1. Ketupat Pasar (Satay)
Ketupat pasar sepertinya merupakan ketupat paling sering dijumpai sehari-hari. Bentuknya seperti bantal persegi empat. Ketupat ini sering juga disebut ketupa satay, sebab selalu digunakan oleh penjual satay (sate) sebagai hidangan pendamping satay mereka. Dan ini pula sebab mengapa disebut ketupat pasar, sebab ketupat ini banyak dijumpai di pasar. Dengan bentuk segi empat, ketupa ini mudah dipotong-potong sebelum disantap.


2. Ketupat Bawang
Ketupat bawang merupakan ketupat yang cukup populer dan cukup mudah membuatnya. Reka bentuk ketupat ini pun cukup menarik dan cantik. Bentuknya seperti sebiji bawang besar, sebab itu dinamakan ketupat bawang.


3. Ketupat Burung
Barangkali, karena bentuknya seperti burung, maka ketupat ini disebut ketupat burung. Bentuknya lumayan ringkas dan cukup mudah membuatnya. Ketupat jenis ini cocok dibuat jika daun kelapa yang tersedia berukuran pendek. Jika daun kelapa panjang, rasanya cukup mubazir jika membuat ketupat jenis ini.
Ketupa burung ini memiliki beberapa versi, dan biasa juga digunakan dalam hiasan janur.


4.  Ketupat Hati
Ketupat jenis ini sudah sangat jarang ditemui dari anyaman kelapa. Sekarang ini, ketupat jantung lebih sering dianyam dari pita sebagai hiasan karena bentuknya yang melambangkan cinta (love).


5. Ketupat Jantung
Ketupat jenis ini pun sudah sangat jarang ditemui. Bentuknya agak bulat seperti jantung.


6. Ketupat Daun Palas
Ketupat daun palas biasanya dibuat untuk teman makan pulut. Meski sederhana, namuan tidak semua orang bisa merangkainya. Dan sesuai namanya, ketupat ini diubat dari daun palas, bukan daun kelapa. 



7. Ketupat Kotak (Kubus/Dadu)
Jenis ketupat yang satu ini pun cukup cantik, dan biasanya dibuat dalam ukuran kecil sehingga terlihat imut. Sering juga disebut ketupat dadu.


8. Ketupat Kon / Pucuk (Piramid)
Bentuknya sangat cantik dan menarik, tapi sudah sangat jarang dijumpai.


9. Ketupat Kembar
Bentuknya hampir seperti ketupat pasar, namun dibuat kembar siam atau berganda sehingga terlihat cantik. Ketupa ini juga biasa dibuat dari pita sebagai hiasan.  


10. Ketupat Variasi
Sesuai perkembang dan kreativitas, banyak muncul kreasi jenis ketupat baru yang unik dan cantik, seperti ketupat kucing di bawah ini. Disebut ketupat kucing, karena bentuknya serupa kucing. 




Atau juga ketupat kambing seperti di bawah ini:


Nah, bagaimana... cantik bukan??
loading...

1 comment:

  1. Info terbaru untuk Anda pemilik usaha ketupat, saya memiliki Dus Makanan untuk kebutuhan branding Anda. Jika Anda ingin membuatnya menarik, Anda dapat menggunakan kemasan kami.

    Jika ingin mencari tahu lebih lanjut lagi, silahkan kunjungi link berikut ini : http://kask.us/hRTlN

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih