Sunday, August 4, 2013

7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Pulang Kampung [Lebaran]

loading...
Saat mudik atau pulang kampung di hari raya merupakan saat bahagia bagi kaum muslimin, di mana kita akan berkumpul bersama sanak keluarga yang sudah lama tidak bertemu.

Namun ada yang perlu diwaspadai, terutama saat meninggalkan rumah ketika hendak pulang kampung. Maraknya kasus pencurian menjelang lebaran membuat anda sebaiknya berhati-hati dan waspada.

Tapi jangan khawatir, berikut kami berikan 7 tips untuk menjaga keamanan rumah anda saat pulang kampung:

Tutup dan kunci jendela.
Pintu mungkin menjadi fokus utama, tapi jendela juga harus menjadi perhatian kita karena biasanya pencuri menggunakan jendela untuk masuk kedalam rumah. Jangan hanya karena perangkat seperti mesin pendingin udara kebetulan bertengger di jendela lantai dua tidak berarti bahwa perampok kehilangan akal dan tetap mencari cara masuk walaupun kita menutup dan mengunci semua jendela, atau pastikan ada tambahan keamanan ditempat jika itu memungkinkan.

Bicara dengan tetangga.
Apakah Anda sudah berada di sebuah gedung apartemen selama bertahun-tahun atau baru saja pindah ke sebuah rumah, penting untuk mencari tahu siapa milik disekitar lingkungan, sehingga anda mungkin sedikitnya bisa meminta bantuan mereka untuk menjaga rumah anda. Plus, didunia orang lebih sering mengabaikan satu sama lain. Jadi masuk akal bila anda berbicara dengan tetangga dan bersosialisasi.

Jaga kunci ditangan anda.
Apakah anda tinggal dirumah besar atau sebuah apartemen studio yang sempit, berjalan sampai kepintu larut malam sambil meraba-raba melalui saku atau tas seseorang adalah menarik perhatian yang tidak diinginkan. Keamanan rumah adalah lebih dari sekedar menjaga orang keluar dari rumah, melainkan juga tentang menjaga aman dimana pun anda. Jangan buat kesalahan ini.

Jangan mengiklankan barang.
Jauhkan televisi LCD anda agar tidak mudah terlihat dan menyolok hingga menarik perhatian orang-orang diluar sana, gunakan tirai atau samarkan keadaan rumah anda sehingga orang-orang luar yang tidak berkepentingan tidak bisa melihat. Jika penjahat tidak bisa melihat secara akurat keadaan rumah anda, maka kemungkinan mereka akan kesulitan dan berpikir sekian kali untuk merampok rumah anda.

Rapihkan disekitar rumah.
Entah itu musim hujan, atau tengah musim panas, sangat penting untuk menjaga dahan pohon jauh dari lantai kedua rumah dan untuk memastikan bahwa semak-semak tidak memberikan kesempatan pada perampok yang mungkin mencoba untuk membuat jalan mereka ke dalam rumah.

Gunakan sistem alarm rumah anda.
Jika Anda telah berinvestasi dalam perlindungan ekstra, sangat penting untuk memanfaatkan sistem keamanan rumah anda. Pastikan semua anggota rumah anda tahu bagaimana cara mengaturnya.

Gunakan timer untuk lampu.
Mau anda pulang telat atau berlibur, buat rumah anda terlihat cukup ramai dan sibuk seperti ada yang mematikan dan menyalakan lampu. Sehingga akan tampak dari luar bahwa anda dirumah atau setidaknya ada seseorang disana yang menjaga rumah anda.

Usahakan untuk selalu menjaga keamanan rumah anda dengan memperhatikan 7 tips untuk menjaga keamanan rumah anda di atas. Ingat, Jangan berikan kesempatan pada orang-orang yang berniat jahat. Kejahatan bukan hanya dari niat dari si pelakunya, tapi karena adanya kesempatan

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih