Thursday, August 29, 2013

[HIKMAH] Belajar dari Hedgehoq di Musim Salju, Antara Luka dan Kehangatan.

loading...
Saat itu merupakan musim salju yang paling ekstrim di Kanada. Banyak binatang yang mati akibat beku dan dingin yang teramat sangat. Di daerah tersebut tinggal sekelompok hedgehog (hewan seperti landak)

Secara alami sekawanan hedgehog memutuskan untuk tinggal berkelompok dan secara bersama-sama menghuni sebuah gua agar mereka tetap hangat

Mereka mendekatkan diri satu sama lain untuk menghangatkan suhu tubuh mereka, namun ketika saling mendekat, duri-duri tubuh mereka saling melukai dengan teman terdekat.

Dorongan naluri menggeser posisi mereka untuk menjaga jarak satu sama lain agar terhindar dari luka. Mereka mulai merasa kedinginan, beku dan terancam kematian.

Hewan-hewan itu harus memutuskan menerima luka akibat duri-duri tubuh temannya, tetapi tetap hangat, atau beku sendirian dan terancam kematian

Siklus pembelajaran alamiah mendorong sebagian besar hedgehog memilih untuk kembali dan bersatu dengan teman-temannya.

Mereka pun belajar untuk hidup dengan luka-luka kecil akibat jarak yang sangat dekat dengan para sahabatnya, dan meraih buah kehangatan yang memberi harapan hidup yang lebih panjang dan damai.

Bagaimana dengan kita? Apakah sebagai umat manusia kita tidak mampu menerima duri kecil sahabat dekat yang melukai kita? Dan mengabaikan kehangatan silaturahim yg memberi harapan turunnya rahmat Allah?

Mari kita menahan diri dari duri sahabat dekat kita, bukankah kita pun memiliki duri yang bisa jadi lebih tajam dari sahabat kita?

Jalinlah tali silaturahim dan bangunlah jamaah/komunitas/organisasi dengan produktifitas tinggi, bersabar atas duri-duri sahabat dan duri-duri kita sendiri adalah jalan luas utk turunnya rahmat Allah SWT.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih