Monday, August 19, 2013

Alamak... 10 Desa Paling Unik dan Aneh di Dunia... [Rugi Nggak Baca...]

loading...
Bicara soal desa, biasanya terbayang oleh kita akan kedamaian, ketenangan dan kebersahajaan. Desa adalah negeri asal, tanah yang menyimpan keriunduan orang-orang kota. Tapi kali ini kita akan bahas tentang 7 desa di dunia yang memiliki keunikan dan keanehan tersendiri. Apa saja itu?

1. Desa Dengan Ratusan Kembar Identik
Desa ini bernama Kodinji yang terletak di Kerala Utara, India. Penduduknya yang berjumlah sekitar 15.000 jiwa ini mayoritas beragama Islam. Jika anda datang ke desa ini, maka anda akan kesulitan untuk membedakan orang, karena hampir semua penduduk di desa ini berwajah kembar.

Salah satu pasangan kembar mengatakan, tanda lahir di leher merupakan salah satu pembeda mereka. Warga desa ini juga sudah tidak heran dengan fenomena ini, mereka sudah menganggap kelahiran kembar sebagai hal biasa, bukan sesuatu hal yang sangat aneh dan istimewa.

Menurut rumah sakit setempat, hampir selama 10 tahun terakhir tercatat ada 100 sampai 150 pasangan kembar. Kejadian ini menimbulkan sebuah misteri kenapa banyak pasangan kembar yang lahir di desa ini.

2. Desa Poligami
Wah wah... Desa ini di sebut sebagai desa poligami karena hampir semua pria yang ada di desa ini berpoligami! Ajib bukan?

Di mana pun di dunia ini, jarang ada wanita yang mau jika suaminya berpoligami. Namun tidak demikian di desa ini. Para gadis di desa ini justru ingin berbagi suami saat menikah kelak.

Desa ini bernama Centennial Park, sebuah kampung kecil di dekat Colorado, Amerika Serikat.

Meski hukum Amerika melarang berpoligami dan menganggapnya sebagai kejahatan, tetapi bagi 1200
warga Centennial Park, berpoligami menjadi impian. Mungkin ada yang bersikap moderat di tengah kontroversi soal poligami, bahwa orang berpoligami merupakan pilihan dan kesepakatan. Bahkan di AS yang menegaskan bahwa poligami adalah kejahatan, praktik rumah tangga dengan dua atau beberapa cinta ternyata tetap ada. [selengkapnya tentang desa poligami: baca di sini].

3. Desa Unik yang Mempunyai Penduduk Hanya Satu Orang
Tinggal sendirian di rumah tentu tidak nyaman. Tapi bagaimana kalau tinggal di sebuah desa sendirian? Tentu lebih tidak nyaman lagi. Biasanya dalam satu desa pastinya akan ada banyak penduduk. Tapi sebuah desa bernama Desa Buford yang terletak di Wyoming, Colorado, Amerika Serikat ini hanya berpenduduk 1 orang saja. Hal ini disebabkan karena suhu di desa ini yang terlalu dingin di musim dingin dan terletak di daerah perbukitan, sehingga desa ini ditingalkan oleh penduduknya. Hanya 1 orang saja yang mau bertahan, dia adalah Don Sammons (60th) yang tetap setia menempati desa ini sendiri tanpa tetangga dan penduduk lainya.


4. Desa Dengan Penduduk Keterbelakangan Mental
Cukup menyedihkan karena sebanyak 445 warga di tiga desa yakni Desa Patihan, Pandak, dan Sidoharjo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mengalami keterbelakangan mental. Kondisi ini diyakini sudah terjadi sejak 1970-an. [Sumber: Okezone].

Kondisi mengenaskan ini diyakini sudah terjadi sejak 1970-an. Saat itu terjadi kemarau berkepenjangan di lereng perbukitan Rajekwesi yang menjadi awal malapetaka kemiskinan.

5. Desa Gadis Berambut Panjang
Gadis-gadis di desa Huangluo
Desa Huangluo di Gulin, Cina menjadi semakin terkenal karena Guinness World Records mencatatnya sebagai "Desa dengan Rambut Terpanjang di Dunia". Pasalnya, semua wanita di desa ini sangat mencintai rambutnya, dan merawatnya hingga menjadi sangat panjang.

Dari 120 wanita penduduk desa ini, semuanya rata-rata memiliki rambut dengan panjang hingga 1,7 meter hingga 2,1 meter. Bagi wanita di desa ini, rambut adalah hal terpenting dalam hidup mereka, setelah suami dan anak-anak.

Desa yang jadi tempat bermukim etnis Yao Merah (Red Yao) ini mempunyai adat dan kepercayaan, semakin panjang rambut maka akan semakin panjang pula umur, kesejahteraan, dan keberuntungan mereka.


6. Desa Tanpa Kasur
Dusun Kasuran adalah salah satu dusun yang yang ada di desa Margodadi kecamatan Sayegan, Sleman. Kalau anda datang ke desa ini, nampaknya memang tak ada yang aneh, tapi kalau anda hendak tidur,  nanti pasti akan merasakan keanehan. Ya, rata-rata warga desa ini tidur tidak pernah mengunakan kasur.

Tradisi tidur tidak di atas kasur merupakan tradisi turun temurun warga desa. Mayoritas warga tidur hanya beralaskan tikar atau dipan yang tidak ada kasurnya.

7. Desa Yang Mempunyai Matahari Sendiri
Viganella adalah sebuah desa yang terdapat di dasar lembah yang ada di Piedmont, Provinsi Verbano-Cusio-Ossola, Italia. Hampir sepanjang tahun, desa ini tidak pernah disinari oleh matahari seperti wilayah lainnya di dunia. Pada saat musim dingin datang, masyarakat Viganella bisa merasakan dingin yang luar biasa.

Karena tidak pernah disinari matahari, sebuah ide brilian muncul dari seorang arsitek bernama Giacomo Bonzani, yang mencoba untuk membuat matahari untuk masyarakat Desa Viganella. Meskipun pada awalnya banyak kalangan yang membatah ide sang arsitek karena dinilai mustahil.

8. Desa Terapung 

Sungguh menakjubkan desa ini, desa ini ada di atas Danau Titicaca dan terapung. Berlokasi di ketinggian 3812 meter di padang Peruvian. Awalnya Desa ini dibuat oleh orang-orang Uros dari Peru dari jaman Inca, pulau-pulau cantik ini digunakan untuk tempat pelarian dan berlindung dari peperangan yang tidak pernah berhenti.

Cara suku Uros ini bisa benar-benar membuat mereka sulit dijangkau oleh agresor, dan karena dikerjakan dengan sangat baik untuk masyarakat mereka selama berabad-abad, sepertinya tidak ada alasan untuk berpindah ke tanah daratan. Desa Terapung ini disusun dari lapisan-lapisan rumput ilalang tortora yang dijadikan satu dan diikatkan ke suatu struktur dasar terapung, seperti ponton. Hasilnya adalah seperti rakit raksasa, dan hebatnya mampu menahan beban yang berat dan besar.

9. Desa Dengan Nama Terpanjang.
Salah satu desa di Inggris mengubah namanya menjadi sangat panjang hingga diabadikan sebagai desa dengan nama terpanjang di dunia. Ini dilakukan untuk menarik wisatawan. Dengan 58 huruf, desa ini memiliki nama: "Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch". Nama ini menjadikannya sebagai desa dengan nama terpanjang di Inggris dan juga di dunia. 


Desa ini terletak di Pulau Anglesey, Wales Utara, dan dulunya memiliki nama yang lebih pendek, yaitu Llanfair Pwllgwyngyll. Waduh, mengejanya saja sudah susah...

10. Desa Tanpa Asap Rokok
Desa Bone-bone yang terletak di lereng Gunung Latimojong, Kabupatena Enrekang, Sulawesi Selatan merupakan desa bersih. Mengapa bersih? Desa ini melarang warga dan siapa saja yang datang untuk merokok, turis sekalipun.

Plang pengumuman di desa Bone-bone
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih