Thursday, August 13, 2015

Wow! 1 Pohon Hasilkan 40 Jenis Buah...!

loading...
Berita baik buat penggemar pertanian, holtikultura, tanaman hias, tanaman buah, dunia flora dan lain sebagainya. Sekarang ada sebuah pohon yang bisa menghasilkan 40 jenis buah!

Ohya? Ini bukan cerita rekaan atau hoax, tapi fakta! Adalah Sam Van Aken, seorang guru besar dari University of Syracuse, New York berhasil mengembangkan  teknik penggabungan berbagai macam pohon buah ke dalam satu pohon yang ia beri nama sebagai teknik chip grafting.

Teknik ini sama seperti okulasi atau pencangkokan, yaitu mengambil salah satu dahan pohon induk untuk kemudian dialihkan ke pohon inang.

Sebagai seorang penggemar seni, Aken mencoba ide yang tak biasa, ia menggabungkan 40 jenis tanaman induk ke sebuah pohon inang dan ternyata seluruhnya menghasilkan! Sungguhna indah ketika 40 jenis bunga buah mekar di saat yang bersamaan.

Aken menyatakan bahwa saat ini ia tengah membuat 10 pohon serupa yang ia rangkum dari berbagai pohon di kota New York.

Aken membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai keberhasilan ini, tapi dirinya menyatakan bahwa motivasinya melakukan uji coba ini tak lebih dari sekedar motif artistik belaka, ia menginginkan keindahan lahir dari pohon kesayangannya.
loading...

1 comment:

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih