Saturday, August 15, 2015

[Inspirasi]: Bagaimanapun, Keluarga Adalah Segalanya...

loading...
Berbahagialah kita yang masih memiliki keluarga, saat dimana masih banyak saudara-saudara kita yang hidup sebatang kara tanpa adanya dukungan dari keluarga mereka .

Dalam tulisan kali ini, kita akan membahas tentang pentingnya peran keluarga bagi kita, bahkan ungkapan bahwa "keluarga adalah segala nya" memang benar adanya.

Keluarga, peran mereka sangat kita butuhkan dalam mengarungi samudera kehidupan yang berliku dan penuh gejolak persoalaan hidup ini.

Menurut bahasa, kata keluarga dalam bahasa Indonesia konon berasal dari bahasa Sanskerta: "kulawarga", yaitu kalu=ras" dan "warga" yang berarti "anggota". Keluarga diartikan sebagai lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.

Sebagai kelompok sosial, keluarga terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Lantas, bagaimana arti penting keluarga dalam kehidupan ini?

1. Tempat Pembelajaran
Keluarga adalah tempat dimana kita mulai belajar untuk bersosialisasi, belajar untuk saling menghargai dan belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik hari demi hari serta belajar untuk mengenal norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat. Keluarga sangat memiliki andil yang besar dalam membentuk kepribadian kita. Keluarga juga merupakan tempat dimana kita mulai belajar dalam menjalani hidup dan mengenal baik atau buruknya sesuatu serta membuat hidup kita lebih bermakna.

2. Tempat Bernaung
Kisa sadari atau tidak, di tengah-tengah keluarga lah kita mendapatkan perlindungan dan kasih sayang. Perlindungan dari hal-hal yang bisa membahayakan dan merugikan diri kita, serta tempat yang selalu memberikan kasih sayang yang tulus tanpa pamrih dan tidak ternilai harganya, sehingga memberikan kita rasa aman dan nyaman.

3. Tempat Berkeluh Kesah
Apapun masalah yang sedang kita hadapi, keluarga adalah tempat yang selalu bersedia menampung dan menerima segala keluh kesah kita dan tentunya memberikan jalan keluar yang terbaik dari semua persoalan yang kita hadapi di kehidupan kita.

4. Orang-orang Yang Selalu Memikirkanmu
Kita bisa punya sahabat, teman dan lain sebagainya, namun sadarkan kamu bahwa keluarga adalah orang-orang yang paling memikirkan kita? Keluarga kita pastinya mengharapkan segala yang terbaik untuk diri kita, serta tentunya memberikan dukungan kearah yang positif sebagai modal kita dalam menjalani kehidupan ini.

5. Jati Diri Kita
Segala hal baik dan buruk yang kita lakukan diluar lingkungan keluarga, pastinya akan membawa nama keluarga kita. Misalkan saja jika kita berprestasi di lingkungan masyarakat, ataupun tingkat nasional maupun tingkat internasional tentunya nama keluarga kita akan terangkat martabat nya, sebaliknya jika kita melakukan tindakan kriminal dan hal-hal tidak baik lainnya, nama keluarga kita pun akan terkena imbas dari perilaku buruk yang kita lakukan.

6. Sepanjang Jalan
Hubungan kita bisa saja terputus dengan sahabat, teman, maupun pacar, akan tetapi hubungan dengan keluarga tidak akan pernah terputus sampai kapanpun. Maka dari itu hendaknya hubungan dengan keluarga selalu kita bina dengan baik karena keluarga merupakan orang-orang yang paling dekat dengan kita. Saling harga menghargai adalah kuncinya. Segala permasalahan yang terjadi bisa dibicarakan secara kekeluargaan tanpa adanya perselisihan dan perpecahan di dalam keluarga.

Di zaman sekarang ini kita bisa lihat di sosial media, banyak orang yang membuka aib keluarga nya sendiri terang-terangan, padahal ngebuka aib keluarga sendiri berarti membuka aib diri kita sendiri. Yang paling miris lagi, banyak kita lihat ABG labil yang dengan teganya memaki-maki orang tuanya di sosial media. Seharusnya baik dan buruk nya situasi yang terjadi di keluarga kita hendaknya jangan di beberkan di tempat yang bukan seharusnya. Memang terkadang ada saatnya kita merasa kecewa dengan anggota keluarga kita, tapi alangkah baik nya perbuatan diatas tidak kita lakukan, karena dengan cara tersebut orang akan rendah menilai diri kita dan tentunya juga membuat malu keluarga kita sendiri. Semua persoalan pasti ada jalan keluarnya jika diselesaikan dengan kepala yang dingin.

sumber: kaskus
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih