Friday, August 28, 2015

Jangan Sembarangan Bertanya... Sebab Bertanya Pun Ada Tata Caranya...

loading...
Sebagai manusia, salah sifat yang kita miliki adalah rasa ingin tahu. Pada sebagian orang, rasa ingin tahu ini muncul secara berlebihan.

Salah satu reaksi sifat ingin tahu adalah munculnya keinginan untuk bertanya. Keinginan ini muncul sejak lahir dan naluriah. Jenis pertanyaan itu banyak jenis dan ragamnya , tidak setiap pertanyaan itu tujuannya mencari jawaban

Mau tau aja, atau mau tahu banget?
Di zaman sekarang pun, untuk mengundang penasaran seseorang mendapatkan informasi, bentuk pertanyaannya dibedakan mau tau aja atau mau tau banget  ?

Dalam al-Qur'an, banyak frasa kalimat berbentuk pertanyaan terdapat dalam firman Allah Swt. Nah, jika Allah yang bertanya, maka bukan berarti Ia tidak tau, tetapi itu bertujuan untuk mengelitik rasa keingintahuan manusia akan informasi yang Ia sampaikan, seperti ketika Allah bertanya " Telah sampaikah kepadamu berita tentang hari kiamat ?

Dengan pertanyaan semacam ini, manusia yang tadiny tidak ambil peduli soal hari kiamat tergerak hatinya ingin tahu, lalu mencari-cari berita tentang itu, dan diharapkan nantinya manusia itu bersiap-siap menyambutnya.

Ada Juga pertanyaan yang bertujuan pengajaran, seperti ketika Jibril bertanya kepada Nabi saw tentang rukun Iman, Islam dan tanda-tanda  kiamat, di mana ketika ia bertanya dan nabi menjawab, lalu ia membenarkan .

Ada juga pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban karena pertanyaannya yang salah. Contohnya Seperti ; sanggupkah Allah menciptakan sesuatu yang lebih besar dari diriNya ?

Siapakah yang anda suka dahulu wafat anak anda pertama atau kedua ?

Karenanya, pintar-pintarlah bertanya, karena dalam kaidah dikatatakan:

حسن السؤال نصف العلم 

"Pertanyaan yang baik adalah setengah ilmu "

Jangan bertanya yang tidak mungkin terjadi, seperti: "apa hukumnya jika kambing melahirkan babi, apakah halal dimakan, atau sebaliknya kambing melahirkan babi".

Jangan bertanya, ketika di jelaskan akan menyulitkanmu, sebagaimana banyaknya pertanyaan Bani Israil ketika diperintahkan untuk menyembelih sapi betina

Allah mendiamkan beberapa hal, bukannya Ia lupa, tetapi ia adalah rahmat yang dicurahkannya untukmu, karenanya  cerdaslah dalam mengajukan pertanyaan.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih