Friday, December 5, 2014

Peta Perjalanan Imam Bukhari Mencari Ilmu dan Hadits

loading...
Siapa tak kenal Imam al-Bukhari? Beliau adalah tokoh Islam terkemuka, penulis kitab hadits paling shahih di muka bumi ini.

Nama asli beliau adalah Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju'fi al-Bukhari atau lebih dikenal Imam Bukhari (Lahir 196 H/810 M - Wafat 256 H/870 M)

Lahir di Bukhara, Uzbekistan, Asia Tengah. Ayahnya adalah seorang ulama bermadzhab Maliki dan merupakan murid dari Imam Malik, seorang ulama besar dan ahli fikih.

Dalam meneliti hadis beliau 16 tahun mengunjungi berbagai kota guna menemui para perawi hadits, mengumpulkan dan menyeleksi hadis-hadis shahih. Dari mulai Bashrah, Mesir, Hijaz (Mekkah, Madinah), Kufah, Baghdad dan negara-negara Asia Barat lain.



Di Baghdad, imam Bukhari sering bertemu dan berdiskusi dengan ulama besar terutama Imam Ahmad bin Hanbali.

Menurut riwayat, ia bertemu dengan 80.000 perawi. Tidak semua hadis yang ia hafal diriwayatkan, melainkan terlebih dahulu diseleksi dengan sangat ketat.

Menurut Ibnu Hajar Al Asqalani, akhirnya imam Bukhari hanya menuliskan sebanyak 9082 hadis dalam Al Jami'al-Shahih yang dikenal sebagai Shahih Bukhari.
loading...

1 comment:

  1. sangat besar jasanya untuk kita umat islam. apalagi hadist yang dipilih adalah yang sudah pasti soheh...

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih