Wednesday, December 24, 2014

Tuntunan Rasulullah SAW Ketika Saat Bangun Tidur

loading...
Tidur adalah saudara kematian (akhul maut), dalam arti kata bahwa tidur adalah mati kecil. Karena itu, doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw ketika hendak tidur adalah "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati".

Bangun tidur adalah momen yang membahagiakan, karena kita masih diberi umur panjang oleh Allah Swt. Dalam tulisan kali ini, kita akan membahas tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik ketika bangun tidur.

Ketika bangun tidur apa yang anda lakukan? Periksa handphone untuk melihat pesan baru, melihat jam, melakukan peregangan otot, atau malah tidur lagi? [Baca: Bahaya Tidur Setelah Subuh/Pagi Hari]

Mulai sekarang, kita biasakan melakukan sunah Rasulullah Saw! Mudah-mudahan bermanfaat untuk dunia dan juga akhirat

Begitu membuka mata di pagi hari, Ini dia beberapa hal yang Rasulullah lakukan, yang perlu kita teladani:

1. Berdo’a ketika bangun tidur
Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (HR. Al-Bukhari)

2. Mengusap bekas tidur yang ada di wajah dengan tangan
Menurut Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar, hal ini dianjurkan berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya.” (HR. Muslim)

3. Bersiwak
Menggosok gigi setelah bangun tidur adalah kebiasaan Rasulullah Saw yang perlu kita contohi.

“Apabila Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (Muttafaq ‘alaih)

Bila kita selama ini suka menggosok gigi sebelum tidur, ada baiknya kita biasakan juga menggosok gigi setelah bangun tidur. Dalam sebuah penelitian ilmiah, kebiasaan menggosok gigi lebih tepat untuk dilakukan saat bangun tidur daripada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memang bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.

"Sesudah sarapan pagi, pH di mulut turun sehingga risiko terjadinya abrasi atau pengikisan di gigi lebih tinggi. Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan, beri waktu setidaknya 25 menit," ungkap pakar gigi.

Abrasi atau pengikisan gigi menyebabkan lapisan terluar gigi yakni enamel menipis, sehingga lapisan di bawahnya yakni dentin menjadi terbuka. Lapisan dentin ini langsung terhubung dengan syaraf sehingga sangat sensitif jika tidak terlindungi.

Bahkan jika terburu-buru, sisa makanan di gigi cukup dibersihkan dengan dental floss atau berkumur setelah sarapan. Asalkan saat bangun tidur sudah menggosok gigi, maka plak baru mulai terbentuk lagi 4-8 jam sesudahnya.

4. Mencuci kedua tangan tiga kali
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila salah seorang kalian bangun tidur, janganlah memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali.” (Muttafaq ‘alaih)

5. Ber-istintsar
Yaitu, mengeluarkan/menyemburkan air dari hidung sesudah menghirupnya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila seorang di antara kalian bangun tidur, maka beristintsarlah tiga kali, karena sesungguhnya syaitan bermalam di ujung (rongga) hidungnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Demikianlah beberapa teladan yang bisa kita tiru dari kebiasaan-kebiasaan Rasulullaah setelah bangun tidur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Berbagi Artikel
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih