Friday, December 12, 2014

Manfaat dan Khasiat Sirih Cina Atau Ketumpang Untuk Kesehatan

loading...
Tanaman yang satu ini sering kita temukan di sekitar rumah. Ia tumbuh di tempat yang lembab dan berair, seperti di tembok tua, di tepi parit, pinggir sawah dan lain sebagainya.

Namanya bermacam-macam, ada yang menyebutnya sebagai sirih cina, sebab bentuk daunnya menyerupai sirih namun berukuran kecil, ada juga yang menyebutnya ketumpang.

Dalam bahasa saintis, sirih cina biasa disebut sebagai Gynura Procumbeus. Dan ternyata, menurut informasi yang ada, tanaman ini menyimpan banyak khasiat.

Sifatnya yang hidup di tempat lembab seperti tepi-tepi parit membuatkan orang tidak peduli tentang tanaman ini. Padahal, warna putih yang terdapat dibawah daun sirih ini adalah suatu zat anti bacteria.

Tanaman ini bisa diolah dengan cara dibersihakan, lalu dibuat minuman juz karena mudah diblender, dan dikonsumsi secara langsung. Dipercayai dengan meminum  jus ketumpang, ada beberapa manfaatnya bagi kesehatan seperti untuk mengobati:

Rematik
Menyehatkan mata
Melancarkan buang air besar
Mengobati batuk
Mengobati kantong kemih

Dalam beberapa artikel, ada yang juga yang menyebutkan bahwa tanaman ketumpang air ini boleh dimakan sebagai ulam (lalapan), atau juga dimasuk air bersama udang atau juga ditumis seperti kangkung.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih