Friday, December 19, 2014

[Penting]: Benarkah Teh Celup Berbahaya Bagi Kesehatan dan Dapat Menyebabkan Kanker....?

loading...
Minum teh sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Aroma dan rasa teh yang khas dapat membangkitkan semangat serta gairah.

Dahulu kala, manusia membuat minuman teh dengan racikan biasa. Karena berbentuk serbuk dan disaring, penyajian teh semacam ini terkadang terasa merepotkan.

Seiring perkembangan zaman, penyajian teh semakin dipermudah, misalnya dengan mendesain teh celup sehingga terkesan lebih praktis.

Tapi tahukan anda, ternyata mengkonsumsi teh celup dapat menyebabkan efek negatif bagi kesehatan. Bagaimana itu bisa terjadi?

Sebenarnya bukan pada teh nya, namun yang membahayakan adalah kertas kantongnya. Kertas biasanya dibuat dari bahan pulp atau bubur kertas yang terbuat dari kayu, bahan pulp ini bewarna coklat tua. Nah, untuk membuat pulp itu menjadi bewarna putih dibutuhkan bahan kimia pemutih yang terbuat dari senyawa chlorine yang cukup pekat.

Dalam proses pembuatan kertas, senyawa chlorine ini masih tertinggal pada kertas dan tidak dilakukan penetralan, karena alasan biayanya yang cukup tinggi. Kertas ini lah yang biasanya digunakan pada kantong teh celup.

Apa bahaya Chlorine bagi kesehatan?
Kantung teh celup yang mengandung chroline jika dikonsumsi terlalu sering akan sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi jika anda terlalu lama mencelupkan kantong teh selama lebih dari 5 menit. Zat kimia ini juga memiliki fungsi untuk membunuh bakteri pembusuk pada kertas sehingga membuat kertas tahan lama.

Para peneliti mencurigai akibat dari asupan klorin pada tubuh manusia yang dapat mengakibatkan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, terbelakang mentas hingga kanker.

Hal ini bukan berarti anda sudah tidak boleh lagi mengkonsumsi teh celup, hanya saja jika anda ingin menggunakan teh celup, usahakan tidak mencelupkannya lebih dari 5 menit, karena biasanya kebanyakan orang salah persepsi, beranggapan bahwa semakin lama mencelupkan teh, maka akan semakin banyak sari teh yang ada pada cangkir teh kita. Sebenarnya malah kandungan klorin lah yang akan menumpuk pada cangkir teh anda.

Atau jika perlu, anda bisa menggunakan teh bubuk, karena minum teh dengan cara ini jauh lebih aman ketimbang menggunakan teh celup. Oke, jadi itulah bahaya teh celup, semoga bermanfaat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih