Tuesday, August 19, 2014

[Video]: Hebatnya Perbaikan Jalan Rusak dan Berlubang di Amerika Serikat dan Jepang

loading...
Jalan berlubang sudah menjadi pemandangan sehari-hari di negeri ini, baik di kota besar apalagi di pedesaan (masih untung ada jalan). Jalan rusak dan berlubang menyumbang angka kecelakaan yang tidak sedikit, sudah banyak nyawa manusia yang melayang akibat lubang di jalan. Di Jakarta saja, 10% kecelakaan disebabkan oleh jalan rusak dan berlubang.

Jalan rusak dan berlubang seakan tidak mendapat perhatian pemerintah, alasannya belum ada anggaran. Nah, bagaimana kalau kita melihat negara maju merespons jalan berlubang?

Sebuah laporan dokumentasi televisi memperlihatkan kepada kita bagaimana cara Amerika Serikat dan Jepang menyikapi jalan berlubang di negara mereka.

Amerika Serikat.
Ketika warga Amerika melihat ada jalan yang berlubang, maka ia cukup melaporkan ke dinas pemerintah wilayah setempat. Kalau ia tidak sempat, maka ia cukup memfoto lokasi jalan berlubang, lalu mengirimnya ke nomor layanan yang telah disediakan. Setelah itu, tim perbaikan jalan akan segera tiba di tempat dan memperbaiki jalan tersebut pada hari itu juga.

Jepang
Lain di Amerika, lain pula di Jepang. Negeri Sakura ini punya sistem yang lebih canggih. Pemerintah di sini lebih pro-aktif, yang mana dinas jalan raya setempat selalu memeriksa kondisi jalan setiap hari tanpa perlu mendapat laporan dari warga.

Di kota Tokyo, setidaknya telah tersedia puluhan mobil pemeriksa jalan (termasuk trotoar dan lapangan umum), mobil ini akan berpatroli mengelilingi seluruh kota dan menyusuri setiap jalan untuk mencari jalan rusak. Dan begitu mereka melihat jalan berlubang, mereka akan melakukan perbaikan seketika itu juga.

Jangan dikira yang mereka maksud dengan 'lubang' itu adalah lubang besar, bahkan lubang sebesar pena atau jalan retak-retak pun akan mereka perbaiki, karena bagi mereka itu adalah lobang yang membahayakan!

Bahkan, 20 tahun terakhir, Jepang juga mengoperasikan beberapa mobil patroli yang dilengkapi pedeteksi sinar laser, yang mana alat ini akan memeriksa jalanan yang berpotensi akan rusak yang tidak terlihat oleh kasat mata.

Wow... tonton semua proses perbaikan jalan tersebut pada video di bawah ini:

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih