Saturday, May 4, 2013

Woow... Ini dia 11 Foto Jurnalistik Yang Mengguncang Dunia Sepanjang Sejarah

loading...
1. Pada tanggal 22 Juli 1975, fotograferStanley Forman mendengar raungan sirine pemadam kebakaran di sebuah kawasan Boston, Massachusetts. Dengan segera, ia meluncur ke lokasi dan berhasil mengabadikan sebuah foto menakjubkan. Dalam foto tersebut, terlihat seorang perempuan bernama Diana Bryant (19 th) terjatuh dari lantai atas rumahnya bersama seorang gadis kecil. Diana dikabarkan tewas di tempat kejadian, sedangkan gadis kecil itu selamat dari maut. Foto ini pertama kali dimuat di harian Boston Herald. Ini dia fotonya:

Diana Bryant terjatuh. sumber: BBC
2. Omayra Sanchez, seorang gadis 13 tahun terperangkap di lahar dingin selama 3 hari pasca meletusnya gunung Nevaldo del Ruiz di Almera, Kolombia pada tanggal 14 November 1985. Omayra sendiri tewas setelah sempat diselamatkan dalam bencana yang melululantakkan 14 desa tersebut pada tanggal 16 November 1985 bersama hampir 25.000 warga lainnya.

Foto ini mengundang kontroversi dan kecaman banyak pihak. Fotografernya dianggap 'tidak manusiawi' dan oportunis karena memanfaatkan kesengsaraan orang lain untuk kepentingan fotografi, bukannya menolong secepatnya tapi justru menjepret gambar. Foto tersebut juga menjadi ajang kecaman terhadap pemerintah Kolombia yang lamban menangani bencana.

Omayra Sanchez. sumber: Wikipedia
3. Berkat foto mengenaskan di bawah ini, Kevin Carter memenangkan anugrah fotografi Pulitzer pada tahun 1993. Foto yang menggambarkan kelaparan dan gizi buruk akibat perang di Sudan ini membuat banyak orang menitiskan air mata.

Dikabarkan, Kevin Carter sendiri akhirnya bunuh diri karena tekanan jiwa dan depresi dari pengalaman buruk yang ia lihat tersebut. Fotografer asal Afrika Selatan tersebut bunuh diri dengan menghisap racun karbon Monoksida dalam usia 33 tahun.

Foto karya Kevin Carter. sumber: Wikipedia
4. Foto berikut ini memperlihatkan para pekerja bangungan di New York sedang beristirahat makan siang bersama di ketinggian saat membangun gedung GE Building di Rockfeller Center tahun 1932.

Makan siang di New York, 1932

5. Gambar terkenal lain yang memenangkan hadiah Pulitzer adalah sebuah foto yang memperlihatkan seorang kepala polisi di Vietnam Selatan bertama Nguyen Ngoc Loan tengah mengeksekusi mati seorang pemuda yang diduga sebagai anggota Vietcong.

Eksekusi Vietcong di Vietnam

6. Pada tahun 1999, Fotografer Max Aquiliry mendapat kesempatan istimewa sekali seumur hidup untuk mengabadikan salah satu operasi yang paling penting untuk memperbaiki deformitas Sbaana Bayevadia. Operasi ini mengharuskan seorang janin bernama Samuel Ssuytsr untuk diangkat dari rahim ibunya, padahal usianya waktu itu baru minggu sekitar 21 minggu.

Aquiliry menceritakan detik-detik menegangkan dalam operasi tersebut: "Selama proses operasi, lengan Samuel keluar dari rahim ibunya. Dokter bedah Samuel terkejut ketika jari-jari Samuel memegang jari dokter bedah. Si Dokter kemudian mengguncang jarinya untuk menguji kekuatan janin. Dokter tetap membiarkan jari Samuel menggantung. Saat itulah rasanya saat yang paling tepat untuk mengabadikannya dengan kamera. Ketika dia lahir Samuel kemudian dianggap sebagai manusia pertama yang lahir dua kali!".

Janin Samuel memegang jari dokter bedah

7. Fotografer Malcolm Brown menjepret gambar berikut ini pada tanggal 11 Juni 1963. Seorang biksu Thich Vietnam, Quang Duc (67 tahun) membakar dirinya sendiri sampai mati dalam aksi protes selama satu bulan lebih di jalanan kota Saigon yang sibuk.

Insiden ini bertujuan untuk menarik perhatian publik terhadap masalah biksu agama Buddha yang  menderita di bawah rezim Ngo Dinh Diem berhaluan Katolik yang berkuasa di Vietnam Selatan waktu itu. Sebelumnya, pada bulan Maret, para biarawan Budha menuntut persamaan hak dengan para biarawan Kristen. Yang mencengangkan, para biarawan itu tidak bergerak dari tempatnya selama pembakaran tidak bersuara!

Biarawan membakar diri di Saigon, Vietnam. Sumber
8. Setelah tertangkapnya Che Guevara dan dieksekusi mati, sekelompok fotografer kemudian diundang untuk mengabadikan gambar kematiannya guna meredam dan membuat ciut nyali para pengikutnya.

Pasca eksekusi Che Guevara. sumber: Wikipedia
9. Gambar pertama tentang gambaran awan di kota Nagasaki pasca pengeboman taggal 9 Agustus 1945 yang menyebabkan kematian 150.000 orang dan menyebabkan kerusakan terbesar akibat panas tinggi dan radiasi.

Bom atom pertama dilemparkan di Hiroshima pada 6 Agustus menewaskan sekitar 80.000 jiwa, namun Jepang tidak menyerah sehingga menyebabkan Amerika Serikat untuk menjatuhkan bom kedua di Nagasaki. Pilot B-29, Charles Sweeney awalnya berniat menjatuhkan bom ke arah Kokura Arsenal, namun tebalnya awan membuat ia tidak bisa melihat dengan jelas hingga akhir ia justru menjatuhkan bom tersebut di Nagasaki.

Bom di Nagasaki.

10. Tragedi 11 September menjadi kenangan buruk dalam sejarah Amerika. Dan Foto ini menceritakan banyak hal.

"The Falling Man" dalam tragedi 9/11
11. Muhammad Durrah yang tewas ditembak dalam dekapan ayahnya oleh tentara Israel pada tanggal 30 September 2000 di Jalur Gaza, Palestina.

Muhammad Durrah tewas dalam dekapan ayahnya

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih