Thursday, May 23, 2013

Arti dan Makna Kata "FUSTUN" Dalam Bahasa Arab

loading...
Benarkah kata Fustun berarti wanita molek?
Kata "Fustun" menjadi populer beberapa hari belakang ini, mulai dari talkshow media elektorinik, perbicangan di dunia maya, hingga percakapan seloroh di warung kopi. Dalam Bahasa Melayu/Indonesia, kata ini tidak dikenal.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Fustun? Belakangan ini, banyak netter Indonesia yang mencari-cari arti kata Pustun di Google, tapi hasilnya kuran memuaskan. Nah, karena ini admin mencoba membahas sedikit tentang kata yang tengah naik daun ini. 

Ada beberapa pendapat tentang makna kalimat Fustun:

1. Ada yang mengatakan, Fustun berasal dari bahasa penduduk di wilayah India dan sekitarnya (Pakistan, Bangladesh, Kashmir, Afghanista, Uzbekistan dll) yang makna dasarnya adalah Perhiasan atau ukiran. Dalam bahasa Inggris, kata ini dikenal juga dengan kata Festoon. Sedangkan dalam bahasa arab disebut فسطون. Padahal, ada yang berpendapat bahwa sebenarnya dalam bahasa Arab sendiri, padanan yang tepat untuk Fustun dalam arti ini adalah Iklil (الإكليل).

Dalam Probertencylopaedia disebutkan: 

Festoon: In architecture a festoon is a carved ornament consisting of flowers, and leaves, intermixed or twisted together, wound with a ribbon, and hanging or depending in a natural curve. Festoon: Dalam arsitektur adalah ornamen berukir yang terdiri dari bunga, dan daun, bercampur secara bersamaan, berpita, dan menggantung atau digantung pada kurva alami.
Perhiasan festoon


Sebagian orang kemudian menghubungkan kata Fustun dengan wanita, karena wanita biasanya senang memakai perhiasan. 

2. Ada juga yang berpendapat bahwa Fustun -yang dikait-kaitkan dengan wanita- berasal dari kata Pushtun (Pushtu), yaitu nama sebuah Etnis di Afghanistan, yang mana para wanita di kalangan etnis ini sangat tertutup dan sulit dinikahi. 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih