Wednesday, May 8, 2013

Nasihat Buat Para Ibu: Mendidik Anak Perempuan Yang Memasuki Usia Puberitas

loading...
Bila anda seorang ibu rumah tangga yang sedang memiliki putri yang baru memasuki usia baligh, maka anda perlu memposisikan diri sebagai teman dekat bagi anak anda tersebut. Bila anda telah memposisikan diri sebagai temannya, maka akan berhasil menguasai hatinya. Sebaliknya, bila anda menjadi seorang atasan atau menjadi seorang BOSS baginya, niscaya anda akan menjadi musuhnya atau minimal akan dijauhinya.

Untuk mewujudkan kedekatan itu, beberapa kiat berikut mungkin perlu dilakukan:


1. Ikhlaskan niat anda untuk mendidik anak-anak anda semata-mata karena mengharapkan ridha Allah, tidak mengharapkan balasan dari si anak ketika dia sudah berhasil kelak.

2. Yakinkan diri anda bahwa bila anda menanam cinta, insya Allah anda akan menuai cinta. Hadirkan keyakinan ini setiap saat dalam interaksi anda dengan sang putri.

3. Berikan dia sebuah hadiah yang anda selipkan di dalam pakaiannya, atau sebuah pakaian baru yang anda letakkan di laci atau lemarinya. Tulis disana “untuk anak Ummi yang tercinta”… insya Allah dia takkan melupakannya.

4. Berikanlah sebuah kecupan terbaik anda di pipinya, sambil membisikkan kata cinta ketelinganya, akan memberikan getaran khusus di dalam jiwanya, menimbulkan kebahagiaan di hatinya, bahkan dimanapun dia berada, saat dia memejamkan mata, dia terus merasakannya.

5. Jangan anda hilangkan pelukan anda untuknya. Bahkan, dari waktu ke waktu peluklah dia dengan kuat dan hangat, terutama ketika dia melakukan suatu yang spesial atau positif.

6. Dekatilah sahabat-sahabat dekatnya, Tanyalah dia tentang mereka, usahakan sekali-sekali duduk bersama dan bergembira dengan mereka. Ini akan membangun jembatan cinta dan kepercayaan serta keakraban.

7. Sikapi kesalahan-kesalahannya dengan dialog dalam mencari penyebabnya, bukan untuk mengkritisi kesalahan tersebut. Bila anda dapati dia telah melakukan perbuatan yg tidak/kurang tepat, maka carilah penyebabnya, kenapa terjadi? Bisa jadi memang karena suatu pemahaman yang perlu dirapikan.

8. Buatlah kesepakatan dengan sekolahnya/gurunya/wali kelasnya, agar memberinya hadiah bila berhasil meraih sebuah prestasi atau lompatan perbaikan dikelas atau dalam satu bidang studi. Nanti hadiah itu anda yang menanggulangi biayanya. Minimal sekali dalam sebulan.

9. Jagalah secara rutin kunjungan anda ke sekolahnya, berdialog dengan guru/wali kelasnya. Tunjukkan kepada mereka betapa bangganya anda dengan dia dan betapa bahagianya dia bersama anda. Lalu (tanpa kehadirannya) mintalah saran-saran dari guru/walasnya yang akan meningkatkan prestasinya secara akademik, akhlak, dan kemandirian.

10. Perlu ditanamkan kepada putra-putri anda bahwa dunia ini bercampur di dalamnya yang baik dan yang buruk. Yang selamat menghadapinya hanyalah orang yang berpegang teguh dengan ajaran Allah dan RasulNya. Dan rujukan yang bisa dipercaya dalam mengenal yang baik dan yang buruk itu adalah Ayah dan Ibu, Para guru terbaiknya dan teman-teman yang shaleh dan shalehah.

11. Bekalilah putri anda yang akan dan baru baligh tentang halal dan haram atau tentang yang wajib dan haram, secara bertahap. Dan bangunlah rasa takutnya kepada Allah sebagai modal control personal dalam dirinya.

12. Jika putri anda memang memerlukan handphone, sebaiknya diminimalisir atau sangat terbatas penggunaannya, atau jenis HP yang cukup membantu komunikasi anda dengannya. HP yang memiliki berbagai fitur dan akses internet/FB/Twiter dan sejenisnya, untuk sampai saat ini memiliki mudharat lebih banyak dari pada manfaat.

13. Kirimilah dia dari waktu ke waktu SMS cinta dan ungkapan kasih sayang yang tulus dari anda.

14. Kayakan dia dengan bacaan tentang sirah nabawiyah, kisah para sahabat, tokoh-tokoh panutan, pahlawan dan pejuang bangsa, ulama-ulama teladan, sebelum hatinya dikuasai kisah-kisah khayalan, cinta picisan dan dongeng-dongeng perusak aqidah dan keyakinan.

15. Bila anda ingin membuat dia menyukai sesuatu yang baru yang belum tentu dia sukai, maka hadiahkan sesuatu itu untuknya bersamaan dengan sesuatu yang sudah dia sukai. Misalnya: dia sangat senang dengan jam tangan baru, tapi kurang tertarik dengan buku cerita Islami atau nasyid Islami. Maka (suatu waktu) berilah dia hadiah berupa jam tangan dan kaset nasyid islami sekaligus.

16. Anak anda juga perlu difahamkan bahwa hidup di dunia ini tidak hanya sekedar hiburan. Ada tugas dan amanah di pundak setiap orang untuk berbuat baik, mengembangkan keilmuan, menebarkan manfaat kepada sesama, disamping tugas utama sebagai hamba Allah. Rancanglah agenda-agenda keluarga yang dapat mengakomodasi tugas dan amanah tersebut.

17. Jangan biarkan putri kecil anda yang baru baligh dan baru saja meninggalkan dunia kanak-kanak mengakses internet dan segala dunianya melainkan bersama anda. Kalau tidak, berarti anda telah menyiapkan jurang yang dalam baginya.

Wallahu a’laa wa a’lam bishshawab.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih