Thursday, February 27, 2014

Guru di Iran Ciptakan Robot Yang Bisa Mengajar Sholat

loading...
Sholat merupakan tiang agama. Berdasarkan sabda Rasulullah Saw, seorang anak harus diajarkan sholat sejak dini.

Nah, dengan tujuan mengajarkan anak-anak sholat, seorang guru sekolah di Iran membuat inovasi dengan membuat robot, tujuannya untuk mengajar sholat dengan cara menarik kepada anak didiknya. Robot tersebut bisa mengucapkan doa dan gerakan shalat.

Akbar Rezaie, demikian nama sang guru tersebut. Ia mengembangkan sendiri robot humanoid itu setelah mendapat pengetahuan merakit robot yang ia pelajari dalam waktu cukup lama. Akbar sendiri merupakan pengajar al-Qur'an di sekolah dasar di Alborz yang terletak di Varamin, sebuah kota berjarak sekitar 35 kilometer dari Teheran.

Robot yang bisa mengajarkan sholat, dibuat oleh seorang guru di Iran

"Saat ada pertemuan dengan keluarga ada seorang gadis kecil bermain dengan bonekanya yang bisa menyanyi dan menari. Dia memainkan bonekanya dengan penuh semangat, saya pun berpikir untuk membuat perangkat yang menyenangkan untuk mengajarkan agama kepada anak didik," ucap Rezaie kepada wartawan, sebagaimana dikutip dari Japan Times.

Robot tersebut ia rakit dan diberi nama "Veldan" (baca: Wildân), suatu istilah yang disebutkan dalam al-Qur'an yang berarti 'anak muda/ atau pemuda Surga'.

Dengan menerapkan beberapa komponen dan modifikasi, Akbar berhasil membuat robot tersebut bisa melakukan gerakan shalat, seperti sujud, ruku dan lainnya.

Dan ketika diperkenalkan kepada anak didiknya, mereka sangat tertarik dengan teknologi. Dan berharap bisa diproduksi secara masal, guna memudahkan dalam mengajarkan anak-anak untuk shalat dengan cara yang menyenangkan.

Bagaimana bro....?
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih