Tuesday, February 18, 2014

Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Telepon Seluler [Ponsel/HP] [+Tips Agar Baterai HP Panjang Umur]

Di zaman sekarang, telepon seluler sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang, jadi bukan lagi sekedar gaya-gayaan. Hidup sehari tanpa HP rasanya dunia seperti asing.

Nah, bagi anda pemilik HP, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal yang dapat merusak perangkat HP anda, berikut di antaranya yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Mengisi daya HP semalaman (dalam waktu lama).
Ini merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan. Sebagian orang beralasan bahwa hal ini dilakukan agar baterai tetap penuh ketika akan dipakai keesokan harinya. Padahal, jika dibiarkan semalaman terisi daya, baterai ponsel malah akan bocor dan rusak.

2. Menggunakan pengisi daya tidak resmi
Pengisi daya resmi dan original memang mahal, tapi bukan anda bisa aman-aman saja menggunakan merek lainnya. Menggunakan pengisi daya yang tidak resmi dapat dapat merusak ponsel. Meskipun ukuran port-nya sama, voltase yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda-beda. Jika terus digunakan akan memunculkan kerusakan dan mungkin saja baterai bisa terbakar.

3. Tak pernah dimatikan
Memang sepertinya jarang sekali seseorang mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal dengan mematikan ponsel secara teratur dapat menjaga ketahanan baterai. Sama seperti manusia, ponsel pun membutuhkan waktu istirahat agar ketahanan komponen di dalamnya terjaga.

4. Membiarkan Wi-Fi dan Bluetooth terus menyala
Jika perangkat Wi-Fi dan Bluetooth dalam keadaan menyala, ponsel akan terus mencari jaringan yang bisa ditangkap. Hal ini akan menguras baterai lebih banyak. Jangan pernah lupa mematikan keduanya jika sudah tidak dipakai, terutama saat dalam perjalanan. Dengan begitu, baterai ponsel pun akan lebih awet.

5. Digunakan dalam suhu ekstrem
Normalnya, ponsel digunakan dalam suhu ruangan, 16 hingga 30 derajat Celsius. Jangan pernah menggunakan ponsel dengan suhu ruangan di bawah 0 derajat atau di atas 35 derajat Celsius. Juga jangan biarkan ponsel terpapar sinar matahari secara langsung untuk menghindari peningkatan suhu pada mesin.

6. Tidak pernah dibersihkan
Ponsel adalah sarang kuman. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa ponsel jauh lebih kotor daripada dudukan toilet atau tempat cuci piring. Bersihkan ponsel secara rutin dengan kain yang lembut. Bila perlu, gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel Anda.

Tips Agar Baterai HP Berumur Panjang:

1. Sedapatnya cas HP dalam keadaan HP mati, karena kalau HP menyala, HP akan panas dan baterai akan cepat panas juga. Selain itu, mengecas HP dalam keadaan HP menyala dapat merusak komponen HP dan baterainya.

2. Jangan gunakan HP untuk menelepon pada saat charging berlangsung! Hal ini penting karena di titik ini HP dapat mencapai titik terpanas nya, apalagi yang di gunakan adalah jaringan WCDMA/3G. Bahkan penggunaan seperti ini dapat menyebabkan ledakan.

3. Hindari penggunaan pelindung HP yang terbuat dari silicon/kulit sintesis, karena dapat menyebabkan sirkulasi HP menjadi panas karena tidak ada panas yang terserap keluar HP.

4. Jauhkan HP dari barang-barang elektronik yang memiliki tegangan tinggi, semacam TV, Kulkas atau sound system. Karena benda-benda ini dapat merusak HP secara menyeluruh. Kerusakan yang sering timbul adalah kerusakan pada LCD/layar si HP.

Mudah-mudahan bermanfaat!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih