Thursday, September 10, 2015

Cara Atau Teknik Mencangkok Tanaman Yang Baik dan Benar Agar Cepat Berbuah

Beberapa waktu lalu, kita sudah membahas cara yang baik mencangkok pohon pepaya agar berbuah cepat dan lebat.

Kali ini, kita akan membahas tema yang lebih umum, yaitu mencangkok tanaman pohon yang lain yang umum dilakukan pencangkokan, seperti rambutan, jeruk, durian, mangga dan lain sebagainya.

Umumnya, tujuan pencangkokan adalah agar tanaman yang kita tanam berproduksi lebih capat dan menghasilkan buah dalam waktu singkat.

Selain itu, dengan mencangkok, kita bisa memilih induk tanaman yang baik yang sudah kita ketahui menghasilkan buah yang terbaik.

Sebalum mencangkok, berikut peralatan yang perlu anda persiapkan:

  • tanaman yang akan dicangkok, seperti jambu air, jambu biji, mangga, rambutan, nangka, belimbing,  dan lain sebagainya
  • tanah yang gembur
  • pupuk kandang
  • pisau atau kater yang tajam
  • gergaji
  • pembungkus dari plastik, sabut, atau ijuk
  • tali raffia atau pengikat lainnya
  • kantong plastik hitam (polybag).

Adapun langkah mencangkok amatlah mudah. Berikut 10 langkah prosesnya:

  1. Pertama-tama, pilihlah dahan tanaman yang bergaris tengah kira-kira 2 cm. Panjang dahan kira-kira 100 cm dan dahan tumbuh tegak.
  2. Sayatlah kulit cabang secara melingkar sepanjang 3-5 cm. Kulit cabang yang disayat sebaiknya berada tepat di bawah kuncup daun.
  3. Kerat kulit dahan itu dengan ujung pisau. Kikislah kambium yang mungkin masih melekat pada bagian kayu, buang lendir yang membasahinya.
  4. Keringkan bagian dahan yang telah dikupas dengan membiarkannya selama 2-5 hari.
  5. Bungkuslah dahan yang telah terkelupas dengan plastik, ijuk, atau sabut. Ikatlah bagian bawah lembaran pembungkus kira-kira 6 cm di bawah sayatan.
  6. Masukkan tanah basah yang telah dicampur pupuk kandang ke dalam pembungkus itu.
  7. Rapikan sehingga dahan yang terkelupas itu tertutup tanah seluruhnya. Ikatlah bagian atas lembaran pembungkus.
  8. Jagalah tanah pada bagaian yang dicangkok agar tetap lembap. Siramlah tanah secara teratur (pagi & sore), terutama jika tidak hujan. Untuk menyiram tanah itu, bukalah ikatan atas sementara.
  9. Amatilah keadaan dahan yang dicangkok saat anda menyiramnya.
  10. Pertumbuhan akar yang sempurna membutuhkan waktu beberapa bulan. 
Setelah itu, jika Jika akar tanaman sudah tumbuh sempurna, potonglah dahan tesebut dengan gergaji tepat di bawah pembungkus cangkokan

Perlu diingat, jangan langsung menanam cangkokan ini di kebun(tanah terbuka). Cangkokan itu lebih baik disemaikan dahulu. Untuk itu, isilah polybag dengann campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Buatlah lubang pada bagian bawah polybag, kira-kira berdiameter 2 cm

Setelah itu, tanamlah hasil cangkokan di wadah persemaian (polybag) ini. Letakkan di tempat yang agak teduh. Waktu yang dibutuhkan untuk penyemaian kira-kira 3 bulan

Setelah itu semaian dapat dipindahkan ke tempat yang lebih banyak mendapat cahay matahari. Akhirnya hasil semaian (cangkokan) dapat ditanam di tanah terbuka. Untuk itu buatlah lubang sebesar ukuran semaian polybag. Tanamlah cangkokan bersama dengan tanah semaiannya. Dan jangan lupa untuk menyiram tanaman baru ini setiap hari.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih