Thursday, June 19, 2014

[Foto]: Anak-Anak di Chad Menghafal Al-Qur'an Dalam Keterbatasan

loading...
Sementara banyak kaum muslimin yang tidak pandai membaca al-Qur'an, sungguh ironis jika dibandingkan dengan anak-anak di Chad ini.

Seperti dilansir laman Hay'ah al-Ighatsah al-Insaniyyah, anak-anak di Chad begitu bersemangat belajar dan menghafal al-Qur'an dalm keterbatasan.

Karena tidak memiliki mushaf, anak-anak tersebut belajar menggunakan papan kayu yang mereka tulisi sendiri untuk dihafal.

Menurut komentar seorang warga Chad, Saleh Zakaria, ia mengatakan bahwa kondisi tersebut belum tentu karena kemiskinan, tapi memang fasilitas di negara itu yang kurang memadai, dan anak-anak tersebut sudah terbiasa secara turun temurun belajar demikian di sekolah-sekolah agama. Zakaria menambahkan, bahwa di antara anak-anak tersebut ada orangtua mereka yang punya ribuan ternak kerbau atau unta, yang mana hal tersebut merupakan standar kekayaan di negeri tersebut.

Tapi yang jelas, kondisi yang demikian tentu sangat memprihatinkan, dan kita sangat kagum kepada semangat anak-anak tersebut yang menunjukkan kecintaan mereka kepada agama Allah Swt.

Chad (Arab: تشاد , Tašād; Perancis: Tchad) adalah sebuah negara berbentuk Republik yang terletak di Afrika Tengah yang terkurung daratan. Chad berbatasan dengan Libya di sebelah utara; Republik Afrika Tengah di selatan; Niger di barat; Sudan di timur; dan Nigeria serta Kamerun di barat daya.

Disebabkan oleh jaraknya dan kebanyakan kawasannya yang beriklim gurun, negara berkenaan dirujuk sebagai 'jantung mati Afrika.' Di utara, ia meliputi Pegunungan Tibesti, pegunungan paling besar di gurun Sahara. Chad merupakan sebagian daripada bekas Persekutuan Afrika Perancis Khatulistiwa.

Sebagai negara bekas jajahan Perancis yang terbesar, Chad termasuk negara miskin. Lebih dari 75% penduduknya berada dalam keadaan melarat. Pada 2000-an, keadaan sudah relatif membaik karena pendapatan per kapitanya sudah melebihi US$1.000.



loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih