Wednesday, June 18, 2014

Alamak.... Orangtua Dipenjara Karena Anaknya Terlalu Gemuk...!

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya tumbuh sehat. Seringkali orangtua merasa khawatir apabila anak tidak mau makan sehingga terlihat kurang gizi.

Tapi kabar yang satu ini mungkin membuat anda tercengang. Ya, otoritas Inggris menangkap sepasang orangtua karena anaknya mereka terlalu gemuk. Pasangan orangtua ini dicurigai melakukan 'kekejaman' dan 'penelantaran' terhadap anaknya sehingga anak mereka yang masih berusia 11 tahun sudah memiliki berat badan 95 kilogram.

Seperti dilaporkan oleh The Independent, Aparat kepolisian King's, Lynn, wilayah Norfolk, memutuskan untuk turun tangan setelah dokter menyampaikan peringatan tentang kesehatan anak tersebut setelah dua kali kunjungan ke dokter awal tahun ini. Kendati demikian, polisi menyadari bahwa intervensi hukum dalam masalah ini adalah "sangat langka".

The Sun melaporkan bahwa anak laki-laki setinggi 5 kaki ini memiliki indeks massa tubuh (BMI) 41,8, yang mana angka tersebut lebih tinggi dari apa yang diklasifikasikan sebagai obesitas untuk rata-rata laki-laki dewasa dan "sangat gemuk" untuk anak seusianya, demikian menurut National Health Service Inggris.

Kedua orangtuanya ditangkap Maret lalu atas tuduhan mengabaikan anak dan 'kekejaman' sebagaimana diatur dalam Syeksen 1 Undang-Undang Anak Tahun 1933. Tapi kemudian, sang Ayah, 49 th, dan ibu, 44 th lalu dibebaskan dengan jaminan, kata seorang juru bicara polisi.

John Hemming, pimpinan pada Justice for Families, mengatakan kepada Russian Today bahwa kekhawatiran terhadap anak tersebut kemungkinan besar dapat dibenarkan.

Dia menggariskan berdasarkan hukum Inggris yang memiliki kebiasaan bereaksi "punitively" (kerap mempidanakan) problem-problem dalam perkara keluarga, bahkan termasuk jika hasil pemidanaan belum tentu membawa kebaikan.

"Hal ini tidak selalu terjadi, bahwa Anda tidak harus menggunakan hukum pidana untuk ini, tapi saya tahu, kadang-kadang, jika kita terlalu cepat untuk menggunakan itu," kata Hemmings.

"Ada usulan, baru-baru ini, misalnya, untuk menghukum orang tua di Wales karena anak-anak mereka sering sakit lebih dari 15 persen waktu mereka. Aturan semacam ini tentu hanya tak lebih dari sekedar hukuman, dan saya kira itu tidak benar-benar membawa kebaikan untuk anak-anak" ujarnya

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih