Monday, December 30, 2013

[Inspirasi Ulama]: Cara Agar Bermimpi Bertemu Rasulullah SAW

loading...
Ada seorang pemuda datang kepada seorang ulama, ia menuturkan bahwa ia ingin sekali bermimpi bertemu Rasulullah SAW.

Mendengar keinginannya itu, sang ulama berpesan:

"Kalau begitu, besok sebelum tidur malam, engkau usahakan makan ikan goreng sebanyak-banyaknya. Kalau perlu, sejak pagi engkau harus sudah makan ikan. Tapi ada satu syarat yang harus engkau ingat: jangan minum air setitik pun pada hari itu! Nah, malam itu engkau tidurlah seperti biasa, lalu lihat apa yang akan kau lihat dalam mimpimu!".

Sang pemuda begitu bersemangat mendengar pesan ulama tersebut. Maka keesokan harinya, ia pun memakan ikan gorengan sebanyak-banyaknya dan tidak meminum setitik air pun.

Malam harinya ketika ia tidur, ia bermimpi melihat sungai besar dan jernih mengalir di hadapannya. Ia pun kemudian berenang-renang di sungai itu sambil meneguk airnya yang sangat segar.

Setelah itu ia terbangun. Tapi ia heran, mengapa ia tidak mimpi bertemu Rasulullah SAW seperti yang dikatakan ulama tempo hari?

Dengan segera, ia pun pergi menghadap kepada sang ulama dan menceritakan mimpinya. Setelah mendengar penuturan pemuda tersebut, sang ulama berkata:

"Anakku, rasa hausmu, kerinduanmu dan hasratmu yang begitu besar ingin minum air di siang hari, itulah yang menyebabkan engkau bermimpi bertemu dengan aliran sungai. Kerinduan dan kecintaanmu akan air tertanam di alam bawah sadarmu hingga terbawa mimpi.

Sekarang pertanyaannya, sebesar apakah kerinduan dan kecintaanmu kepada Rasulullah SAW? Amalan apa yang sudah engkau lakukan untuk menunjukkan kecintaan dan kerinduanmu itu?".

* * *

Tunjukkan cintamu kepada Rasulullah SAW dengan memperbanyak bersholawat kepadanya, mengamalkan sunnah-nya dan mengikuti ajarannya.

Bermimpi bertemu Rasulullah SAW merupakan pertanda gembira buat seorang mu'min. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW menyatakan bahwa mimpi yang baik merupakan kabar gembira (mubasysyirah) yang dijadikan Allah sebagai pengganti nubuwwah.

Bahkan, para ulama menyebutkan bahwa bermimpi bertemu Rasulullah merupakan salah satu pertanda husnul khatimah! Semoga Allah mengaruniakannya kepada kita semua. Amin.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

من رءاني في المنام فسيراني في اليقظة

"Siapa yang bermimpi melihatku dalam tidurnya, maka ia akan melihatku dalam jaganya". (HR. al-Bukhari).
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih