Friday, November 6, 2015

5 Cara Mudah Mengedit File Berformat PDF

loading...
Dokumen-dokumen yang tersedia di penyimpanan komputer terkadang berbentuk dalam format PDF. Seperti diketahui, forman dokumen PDF merupakan fomat mati alias tidak bisa lagi dilakukan pengeditan seperti biasa di microsoft Office.

File berformat PDF umumnya digunakan untuk menyimpan dokumen berupa tulisan maupun gambar. Format file PDF memang sangat unik, berbeda dengan file lainnya. Sekilas file pdf nampak seperti gambar statis yang sifatnya permanen atau tidak dapat diubah lagi. Selain itu PDF tidak memiliki source seperti file HTML yang terdiri dari source teks itu sendiri, gambar dan javascript

Lantas, bagaimana kalau misalnya kita ingin mengubah atau mengedit file yang berformat PDF tersebut? Banyak anak kuliahan atau mahasiswa yang memerlukan ini, misalnya untuk mengedit makalah yang banyak tersedia di internet.

Memang Adobe Reader bisa digunakan untuk membaca file PDF, namun untuk urusan edit, anda harus membeli lisensi khusus.

Tapi jangan khawatir, sekarang ini sudah banyak software gratisan yang bisa anda manfaatkan untuk mengedit file berformat PDF.

Berikut selengkapnya:

Infix PDF Editor


Software Infix PDF Editor ini merupakan software amazing buatan Iceni. Bagaimana tidak, software ini mampu mengedit teks dalam PDF seperti mengedit teks pada MS Word.

Selain itu, ada banyak kelebihan lain dari Infix PDF Editor, seperti:
  • Mampu mengedit teks seperti MS Word.
  • Bisa edit semua komponen PDF baik teks, ukuran teks, tipe atau jenis teks, gambar dan lain-lain.
  • Selain untuk mengedit pdf bisa juga untuk membuat file PDF dari dokumen apa saja (membuat PDF dengan MS Office).
  • Teks hasil editan bisa dirapihkan sehingga tidak nampak berbeda dengan versi aslinya.
  • Mampu mengekstrak dan menyalin gambar dari PDF.
  • Terdapat fitur search and replace, fitur ini sangat berguna misalnya untuk mencari kesalahan penulisan dan menggantinya secara otomatis.
Salah satu fitur uniknya adalah Tool penerjemah yang memungkinkan untuk mengexport file PDF menjadi XML untuk diterjemahkan dan diaplikasikan ulang pada file PDF.

PDF-XChange Viewer
Orang lebih mengenal aplikasi ini sebagai software yang berfungsi untuk membuka atau membaca file saja. Padahal, aplikasi ini sangat hebat dan bisa digunakan untuk mengedit pdf secara gratis. Kemampuannya tidak kalah dari program sejenis bahkan, PDF XChange mengklaim dirinya lebih cepat, ringan dan lebih banyak fitur.


Bahkan, software ini bisa dipakai untuk memberi password pada file PDF. Sehingga orang lain tidak bisa merubah, meng ekstrak atau mencetak dokumen anda.

Fill Any PDF

Yang satu ini justru tidak membutuhkan instalasi software, lah.. kok bisa? Karena FillAnyPDF adalah aplikasi edit PDF berbasis WEB. Jadi, anda tinggal mengupload dokumen yang akan diproses kemudian mulai menambah, merubah atau menghapus isi file PDF anda. Gampang bukan? Semua diproses secara online!

Penting : untuk menggunakan aplikasi online pdf editor ini, komputer anda harus sudah terinstal Microsoft Silverlight. Klik disini untuk mengunduh

Setelah puas mengedit dokumen, anda bisa menyimpan ke komputer atau membagikan (share) ke rekan kerja, teman atau orang lain yang belum anda kenal.

PDF Escape
Sama seperti sebelumnya, PDF Escape tidak perlu download dan install software di komputer anda. Cukup upload dan mulai mengedit file yang ingin dirubah secara online. Satu hal yang membedakan kedua aplikasi online ini, PDF Escape lebih cepat dan mudah dalam memproses PDF files.


Mengedit File PDF via Website

Selain menginstal software, anda juga bisa mengedit file PDF melalui fitur beberapa website yang menyediakan layanan edit pdf secara gratis.

Keuntungannya, anda tidak perlu mendownload plug-in tambahan seperti Microsoft Silverlight. Tampilannya juga lebih sederhana dan user friendly. Begitu selesai mengedit dokumen, anda bisa langsung mencetak lewat printer atau disimpan ke hard disk komputer.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih