Wednesday, May 21, 2014

Mary Anning dan Kontroversi Dinosaurus

Sejak sekolah, di mata pelajaran sejarah kita telah diajarkan tentang hewan raksasa Dinosaurus dan kerabat-kerabatnya di zaman batu. Entah bagaimana kebenaran fakta tentang hewan-hewan ini, Wallahu A'lam, yang jelas semuanya telah menjadi doktrin yang selalu diajarkan. 

Berbicara tentang dinosaurus tidak bisa dilepaskan dari sosok Mary Anning yang dipercaya sebagai sang penemu fosil Dinosaurus. Hari ini (21/05/2014), Google memperingati kelahiran Mary Anne dengan memampang logonya di halaman utama.

Siapakah Mary Anning? Mary adalah seorang pencari fosil asal Britania, Inggris, sekaligus ahli palaeontologi yang terkenal karena banyaknya penemuan penting yang berhasil dia lakukan pada fosil Dinosaurus di wilayah laut Lyme Regis, Dorset.

Hasil kerja Mary Anning berkontribusi pada perubahan fundamental yang muncul dalam keilmuan prasejarah dan asal usul bumi.

Mary Anning melakukan pencarian fossil di area tebing Blue Lias, terutama selama musim dingin ketika terjadi longsoran yang memunculkan fossil baru yang harus cepat diambil sebelum menghilang ke dalam lautan.

Pekerjaan yang cukup berbahaya, bahkan dia sempat akan kehilangan nyawanya pada tahun 1833 dalam longsor yang menewaskan anjingnya, Tray. Penemuannya termasuk tulang ichthyosaur pertama yang sukses diidentifikasi, yang ditemukan bersama saudaranya Joseph ketika dia berusia 12 tahun.

Mary Anning
Dia juga mengidentifikasi belulang Plesiosaur pertama yang pernah ditemukan, fosil Pterosaur pertama yang ditemukan di luar Jerman, serta beberapa fosil ikan.

Observasinya memainkan peran penting dalam membuktikan bahwa coprolites, dikenal dengan batu bezoar, merupakan kotoran dari fosil. Dia juga menemukan bahwa fossils belemnite mengandung kantung tinta seperti yang dimiliki cumi modern.

Ketika ahli geologi Henry De la Beche melukis Duria Antiquior, gambar pertama yang beredar luas tentang kehidupan prasejarah yang bersumber dari rekonstruksi fossil, dia merujuk pada fossils yang ditemukan Anning.

Gender dan kelas sosial membatasi Anning saat berpartisipasi dalam komunitas ilmiah Inggris di abad 19. Dia mengalami kesulitan finansial selama hidupnya, keluarganya miskin, dan sering menerima diskriminasi. Ayahnya, seorang tukang kayu, meninggal ketika dia berusia sebelas tahun.

Dia menjadi sangat terkenal di lingkungan geologi di wilayah Britania, Eropa, dan Amerika, dan menjadi konsultan tentang anatomi dan tentang pencarian fossil. Meskipun demikian, sebagai perempuan, dia belum bisa bergabung dalam Komunitas Geologi London serta tidak selalu memperoleh kredit penuh atas kontribusinya.

Dia pernah berujar: “Dunia telah memperlakukan saya dengan tidak baik, hal itu membuat saya mencurigai setiap orang.”

Satu-satunya tulisan ilmiah yang diterbitkan semasa hidupnya muncul dalam majalah Natural History tahun 1839, sebuah ringkasan dari tulisan yang ditulis Mary Anning yang ditujukan pada editor majalah tersebut.

Setelah meninggal di tahun 1847, kisah hidupnya yang tak biasa cukup menarik banyak pihak. Charles Dickens pernah menulis tentangnya di tahun 1865 bahwa “Si anak tukang kayu telah meraih nama atas perjuangannya, dan layak mendapatkannya.”

Tahun 2010, satu abad dan enampuluh tiga tahun setelah kematiannya, Royal Society memasukkan nama Anning ke dalam daftar sepuluh wanita Britania yang paling berpengaruh dalam sejarah ilmu pengetahuan.

Dinosaurus: Fakta Atau Dongeng Belaka?
Ensiklopedi Indonesia sempat mencatat bahwa pada 65 juta tahun yang lalu sebuah komet raksasa menabrak bumi dan menerbangkan debu begitu banyaknya sehingga langit menjadi gelap gulita selama berbulan-bulan. Konon kabarnya komet raksasa ini kemudian memunahkan Dinosaurus. Temuan ini diamini oleh Dr. Neil Tyson, Direktur Hayden Planetarium. Dalam tayangan Discovery Channel yang berjudul “Inside The Space Station”, ia menyatakan hantaman asteroid tersebut memusnahkan 70 % dari semua spesies di bumi.

Sedangkan Prof. Michael Rampino dalam Discovery Channel berjudul “Catasthropic Past” menyebutkan bahwa kepunahan Dinosaurus dipicu oleh serbuan dari luar angkasa (meteor). Unsur iridium (hujan asam) yang merupakan unsur langka meteor pun banyak ditemukan di daerah bekas kawah meteor, yaitu sekitar 10 ribu kali lebih banyak dibandingkan kulit bumi yang lain. Menurutnya ini menjadi petunjuk hubungan antara meteor dengan kepunahan binatang besar tersebut.

Begitu juga dengan hasil penelitian dari pemenang nobel fisika, Luis Alvarez. Pada tahun 1980, ia pernah memimpin ekspedisi bersama anaknya Walter dan menemukan bahwa awan yang menutupi seluruh permukaan bumi telah menghalangi cahaya matahari bertahun-tahun, yang menyebabkan long winter/musim dingin yang lama dan ikut membinasakan banyak spesies yang ada.

Dari temuannya juga dijelaskan bahwa kejadian ini turut menyebabkan terbentuknya hujan asam yang menimbulkan kerusakan lingkungan lebih lanjut. Hipotesis yang menghubungkan antara keberadaan unsur iridium yang terdapat di kawah meteor dengan punahnya dinosaurus inilah yang disebut sebagai Alvarez Hipotesis.

Namun bagaimanapun hal ini masih hipotesis, Alvarez pun masih membuka peluang temuan lainnya. Karena itu, ia pun lebih menyebut hasil penelitiannya dengan sebutan “Alvarez Hipotesis”.

Yang perlu kita ketahui adalah bahwa belum pernah ditemukan fosil Dinosaurus yang utuh dari seluruh tulang-tulangnya dan membentuk kerangka tubuh yang lengkap. Bahwa kemudian beberapa media memiliki tampilan mengenai Dinosaurus hal ini lebih disebabkan spesial efek dan hasil khayalan seorang sutradara. Sebab selama ini penelitian mengenai Dinosaurus hanya menemukan tulang belulang yang sangat tidak utuh dan bahkan sudah menjadi fosil.

Sampai hari ini belum ada seorang pun yang pernah melihat dinosaurus dalam keadaan masih hidup dan utuh. Kecuali di Film Holywood Jurrasick Park, tentunya dengan insting imajinatif ala Stephen Spileberg. Bahkan sekedar tulang kerangkanya yang utuh pun belum pernah ada yang melihatnya. Yang ada hanya sepotong kecil tulang yang sudah jadi fosil. Tidak lebih.

Kejadian ini persis dengan imajinasi tentang Brontosaurus yang diciptakan salah seorang ahli fosil kenamaan dunia dan Profesor Amerika pertama dalam bidang Paleontologi Vetebrata bernama Othniel Charles Marsh (1831-1899). Hal inipun kemudian mengundang banyak kritik, karena hasil spekulasi Marsh berbuah fatal.

Para ilmuwan menemukan bahwa mereka telah menaruh fosil kepala yang salah pada fosil badan yang salah pula. Dua peneliti dari Institut Carnegie telah membuktikan bahwa tulang-tulang Brontosaurus di 5 museum utama dunia, termasuk di museum Sejarah Alam Carnegie di AS (Salah satu museum terbesar tentang Dinosaurus), telah menaruh kepala yang salah. Bahkan pada tahun 1979, dua orang Ilmuwan telah mengumumkan di media cetak bahwa deskripsi yang diberikan oleh Marsh berdasarkan data tulang kepala Dinosaurus berleher panjang tersebut ternyata keliru.

Dalam sebuah artikel berjudul, “Scientist Claim Brontosaurus Given Wrong Head”, Pittsburgh: Associated Press, October 10, 1979), salah seorang ilmuwan menjelaskan bahwa Marsh sebenarnya mengunakan tulang kepala yang ditemukan 3 atau 4 mil jauhnya dari tulang badan Brontosaurus. Tetapi tidak ada orang yang mengetahuinya.

Marsh sendiri tidak memberitahukan hal ini dalam artikelnya. Tidak ada yang tahu apa yang menjadi alasan Marsh menutupi itu semua. Sebab memang tidak ada bukti kuat bahwa tulang kepala ini ada hubungannya dengan Brontosaurus. Hal ini kemudian diperteguh dalam sebuah laporan berjudul Marsh’s Dinosaurus yang ditulis John H. Ostrom dan John S. McIntosh (New Have, Connecticut: Yale University Press, 1966).

Alhasil kita pun juga patut waspada terhadap apa yang dikembangkan oleh ilmuwan tentang Dinosaurus, karena ilmuwan seperti Marsh saja masih keliru. Ini pun belum kita hitung dengan diskusi (yang belum kunjung usai) untuk menjawab pertanyaan bahwa apakah fosil-fosil itu murni milik Dinosaurus atau tidak.

Walhasil apakah ini konspirasi atau tidak? Wallahua’lam. Hanya saja bahwa ada baiknya kita belajar dari kisah rekayasa manusia Piltdown yang dikembangkan oleh kalangan Evolusionis.

Tatkala para evolusionis tak juga dapat menemukan satu fosilpun yang bisa mendukung teori mereka, mereka pun terpaksa melakukan kebohongan. Manusia Piltdown yang konon dikatakan manusia purba itu ternyata dibuat dengan memasangkan tulang rahang orang utan pada tengkorak manusia.

Kisah ini bermula pada tahun 1912 saat seorang ahli Paleontologi amatir bernama Charles Dawson mengklaim telah menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris. Tulang itu mirip tulang rahang hewan namun gigi dan tengkoraknya seperti milik manusia. Spesimen ini dinamakan Manusia Piltdown dan diduga berumur 500.000 tahun.

Rekonstruksi terhadap manusia Piltdown dilakukan dan setelah dipajang di berbagai museum sebagai bukti nyata tentang teori evolusi manusia. Selama lebih dari 40 tahun sejumlah penafsiran dan gambar pun dibuat. Banyak artikel ilmiah tentang manusia piltdown ini menyusul kemudian, termasuk 500 tesis doktor yang dilahirkan tentang penelitian tentangnya.

Namun pada tahun 1953, hasil pengujian secara menyeluruh terhadap fosil tersebut menunjukkan bukti palsuan tentang kisah manusia Piltdown. Tengkorak tersebut nyatanya berasal dari manusia yang hidup beberapa ribu tahun yang lalu, sedangkan tulang rahangnya berasal dari bangkai kera yang baru terkubur beberapa tahun. Gigi-giginya ditambahkan kemudian agar terlihat mirip manusia lalu persendiannya disumpal. Beberapa cairan kimia pun dicampurkan agar terlihat Pildown betul-betul manusia purba. Ya fosil itu diwarnai dengan potasium dokromat agar terlihat betul-betul seperti manusia pra sejarah.

Menariknya, sekalipun kebohongan Piltdown telah terungkap lebih dari 6 dekade yang lalu, banyak ilmuwan masih saja mempercayai teori Evolusi Darwin.Dalam hal ini, saya mencium misi propaganda atheisme dalam hal ini. Kita ketahui bersama di Barat, kenapa teori Evolusi Darwin masih bertahan, karena semata-mata Darwin menyetujui atheism.

Hal inilah yang dilakukan Michael Walker. Iya mendukung Darwinisme bukan karena sepakat kepada materialisme, namun semata-mata karena Teori Darwin telah mengasingkan Tuhan. Ya hampir persis dengan Teori Psikoanalisis Freud yang atheis itu. 

WAllahua’lam. 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih