Wednesday, May 14, 2014

10 Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas

loading...
Salah satu fungsi kulkas adalah untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dan awet. Tapi tahukah anda, bahwa ada beberapa jenis bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, sebab hal itu justru akan merusak kualitas makanan terseubut. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tomat
Tomat akan kehilangan rasa jika disimpan di lemari es. Udara dingin di lemari es menghentikan proses pemasakan dan pematangan, dimana kedua proses ini sangat berperan dalam memberi rasa pada tomat. Kulkas juga akan mengubah tekstur tomat.

Menurut pakar makanan sehat, Harold McGee, suhu dingin akan memecah membran dalam dinding buah dan mengubahnya menjadi bertepung. Maka sebaiknya tomat disimpan dalam mangkuk atau keranjang di suhu kamar.

2. Kemangi
Kemangi akan layu lebih cepat jika dibiarkan di lemari es. Kemangi juga mampu menyerap semua bau makanan di sekitarnya. Untuk membuatnya lebih tahan lama, sebaiknya tempatkan kemangi dalam segelas air tawar, sama seperti Anda memperlakukan bunga.

3. Kentang
Kentang dalam suhu dingin akan mengubah pati menjadi gula dengan lebih cepat, sehingga Anda akan merasakan rasa kentang yang manis dan seolah-olah berpasir.

Bahan makanan yang satu ini sebaiknya disimpan dalam sebuah kantung kertas, di suhu kamar. Kertas jauh lebih baik daripada plastik, sebab plastik lebih tertutup rapat, sehingga kentang lebih cepat busuk.

Saran yang sama diajukan Martha Stewart ketika Anda menyimpan ubi jalar.

4. Bawang Merah
Jika Anda menempatkan bawang di lemari es, kelembaban akan membuatnya berjamur. Simpan saja di tempat yang sejuk dan kering.

Bawang sebaiknya disimpan tidak berbarengan dengan kentang, karena bila disimpan bersama-sama, keduanya akan membusuk lebih cepat.

5. Alpukat
Jika Anda ingin alpukat matang, pastikan tidak menempatkannya di dalam lemari es. Namun jika Anda telah membeli alpukat yang sudah matang, Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

6. Bawang Putih
Jamur akan segera tumbuh, jika Anda memasukkan bawang putih ke dalam lemari es. Sebaiknya Anda menyimpan bawang putih di tempat yang sejuk dan kering.

7. Roti
Roti Anda akan mengering dengan cepat.

8. Olive Oil (Minyak Zaitun)
Anda harus menyimpan minyak zaitun di tempat yang sejuk dan gelap, dan tidak di lemari es. Minyak zaitun akan mengembun dan berubah menjadi lebih keras, hampir seperti mentega.

9. Kopi
Jika Anda menyimpan kopi di lemari es, maka kopi akan kehilangan rasa dan meninggalkan bau di lemari es. Anda harus menyimpan kopi di tempat yang sejuk dan gelap. Rasa dan kesegarannya akan terjaga.

10. Madu
Tidak perlu menyimpan madu di lemari es, sebab madu akan tetap baik jika Anda menjaganya dengan menutup rapat. Madu di lemari es akan mengkristal.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih