Tuesday, March 21, 2017

Cara Menyusun dan Menyatukan Bagian-Bagian [Bab I Bab II Bab III Bab IV Bab V Kesimpulan, Daftar Pustaka dll] Dalam Satu File Secara Otomatis di Microsoft Word

loading...
Buat kamu-kamu yang saat ini sedang menyusun makalah,atau juga kamu yang tengah menyiapkan tugas akhir kuliah skripsi, atau tesis atau disertasi, barangkali artikel kali ini bisa membantu meringankan pekerjaan kamu.

Sobat sekalian, ketika kita mengerjakan suatu tuga penelitian salah seperti skripsi atau tesis, terkadang sewaktu kita mengetik tugas tersebut di Microsoft Word, kita memisah­-misahkan babnya karena dianggap halaman akan susah diatur. Misalnya Kata Pengantar dalam satu file, Bab II dalam satu file, Bab III dalam satu file dan seterusnya.

Nah, padahal MS Word sudah menyediakan fasilitas agar kita tidak kerepotan buka banyak file yang akan membuat kita semakin bingung.

Bagaimana caranya? Pertama, Ketiklah tugas kamu pada Microsoft Ofice tanpa nomor halaman.

Bagaimana kalau sudah terlanjur memisahkan memisahkan antara Kata pengantar, Daftar isi, Bab I, Bab II dll?

Caranya satukan, kemudian berikan page break, contohnya



Lihat ke arah krusor, krusor di letakkan di bagian halaman paling akhir yang mau dipisah.

Contohnya: kata pengantar di atas disatukan dengan CHAPTER 1 (BAB 1) dalam satu file, maka krusor di letakkan di paling bawah, ketika tidak ada lagi kata. kemudian pilih layout di bagian atas klik lalu pilih next page seperti yang terlihat di lingkaran merah.

Maka halaman kata pengantar dan BAB 1 sejatinya sudah berbeda maupun berada dalam satu file yang sama. kemudian lakukan ini



Blok halaman pertama pada BAB 1 (chapter 1), lalu klik menu design, kemudian klik link to previous untuk mematikan link halaman antara BAB 1 dan Kata pengantar dkk agar BAB 1 dapat menggunakan halaman angka (1, 2, 3, 4,5 dst)

Sedangkan Kata Pengantar dkk dapat menggunakan angka romawi (I, II, III, IV), lalu lakukan Insert, page number seperti biasa, teknik ini juga bisa dilakukan untuk yang setiap awal BAB halamannya di tengah sedangkan halaman selanjutnya dipinggir. jadi ketika nanti soft file minta dikumpul di kampus kamu nggak perlu bingung bagaimana menyatukan filenya..

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih