Monday, March 13, 2017

Mengapa Traffic Blog Tiba-tiba Anjlok dan Bagaimana Cara Mengatasinya? [Bagian 2]

loading...
Pada artikel sebelumny telah kita bahas tentang penyebab-penyebab mengapa trafik suatu blog tiba-tiba anjlok dan turun secara drastis.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan pelajari lebih lanjut tentang cara mengatasi trafik blog yang tiba-tiba terjun payung itu.

Sebenarnya, turun naiknya suatu trafik pada blog adalah wajarm sebab setiap hari ada ratusan ribu atau mungkin jutaan artikel baru diposting di internet, seluruh berebut untuk terindeks oleh mesin pencari milik google dan lain-lain. Namanya dalam pertarungan, tentu ada yang kalah dan menang.

Belum lagi faktor Google yang memperbarui algoritmanya sejak beberapa hari terakhir. Analisis ini didasari dengan trafik banyaknya blog milik blogger veteran yang ikut-ikutan anjlok. Tapi tidak semua blog terkena dampak dari update algoritma google.

Lalu Bagaimana cara mengembalikan trafik blog yang hilang akibat terkena dampak update algoritma google? Mudah! Seperti cara-cara yang saya gunakan sebelumnya.

Pertama, coba anda lakukan evaluasi, apakah terdapat banyak link milik blog lain yang tertaut di blog anda dan muncul di setiap halaman?

Misalnya: link-link iklan mandiri di sidebar milik blog lain yang beraliran di-follow. Jika blog anda sendiri tidak didukung oleh baclink yang kuat, maka lama-lama blog anda akan tumbang.

Oleh karena itu solusinya adalah perkayalah blog anda dengan inbond link yang berasal dari blog-blog berdomain tingkat atas.

Jika blog anda berprofesi menayangkan iklan mandiri, jangan gunakan hosting gratis terus-menerus, namun sebaiknya anda mengupgrade hosting anda ke hosting premium atau lebih baik lagi anda menggunakan hosting kelas bisnis. Dijamin blog anda akan memiliki peringkat yang kuat di SERP google meskipun banyak memasang iklan mandiri beraliran dofollow. Memang hosting bisnis harganya lebih mahal daripada hosting premium, namun hasilnya dijamin tidak mengecewakan.

Ingat! Pemilik iklan mandiri semuanya menggunakan hosting premium. Maka jika anda memasang terlalu banyak iklan mandiri di blog berhosting gratis, maka blog anda ibarat seperti kerbau menggendong gajah.

Kedua, Cobalah menata ulang webmaster tools, lalu submitkan kembali sitemap anda.

Kemudian temukan Fetch as Google atau Ambil sebagai Google. Lalu silakan di fetch sitemap anda disitu dan juga URL homepage. Lihat gambar dibawah ini.


Setelah itu tetaplah update normal seperti biasanya. Tunggu beberapa hari, maka trafik blog anda akan pulih seperti semula.

Note: Namun jika anda menggunakan hosting premium maupun hosting bisnis, anda tidak perlu khawatir trafik blog anda jatuh asalkan tidak melanggar pedoman mutu webmaster google, seperti tindakan mengirim komentar spam secara masal dan sejenisnya.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih