Friday, January 20, 2017

Hati-hati !!! Ini Yang Harus Kamu Lakukan Jika Freon AC Bocor....

loading...
Pernah mengalami AC di rumah rusak? Lalu ketika dipanggil tukang benerin AC, si tukang bilang kalau Freon-nya kurang! Habis itu, kamu ditawari supaya Freon diisi ulang...

Nah, untuk diketahui, Freon termasuk teknologi bandel yang tak perlu di isi ulang dan tidak akan pernah habis selama tidak ada kebocoran. Apalagi jika AC yang anda beli adalah AC baru dan belum lama umurnya dan dari merk terkenal (you know lah)

Maka kecil kemungkinan terjadi kebocoran dimaksud. Jadi, ketika Tukang AC mengatakan freon anda kurang itu cuma akal akalan aja untuk mencari nyari tambahan (lumayan 75 ribu). AC zaman sekarang itu bandel-bandel, sangat awet, cuma perlu di cuci aja tiap 6 bulan sekali (50 ribu).

Justru kalau AC anda divonis kurang freon, padahal AC anda dari merk terkenal, belum lama umurnya, baru beli; itu sama aja menuduh AC anda gampang rusak. Kalau usia AC nya udah jadul banget, beli di zaman 70-an boleh lah ngomong freon kurang. Tapi kalo AC jaman sekarang kecil kemungkinan bocor freon.

Kesimpulannya, jika tukang AC ngomong freon anda kurang, abaikan saja. Kecuali anda yakin usia AC anda sudah sangat tua dan memang curiga freon nya bocor, maka AC nya harus di copot dan dibawa ke gudang mereka untuk di las atau ditambal, bukannya isi ulang freon.
Jadi, Freon bocor solusinya ditambal, bukan isi ulang freon nya!
Nah, barangkali tips di bawah ini juga beguna bagi anda:

Banyak pemilik AC kurang mengetahui prosedur perawatan AC, banyak yang bertanya:  berapa lama sekali AC harus diservice? Berapa lama sekali AC harus ditambah freon?

Dari banyaknya pertanyaan tersebut diajukan oleh pengguna AC, maka perlu kiranya membocorkan rahasia yang dipendam teknisi puluhan tahun dan yang di sembunyikan dari para pengguna AC. Rahasia dan trik-trik yang dipendam dan disembunyikan para teknisi selama puluhan tahun dari konsumen adalah:
1. AC tidak perlu ditambah freon walaupun sudah dipakai 4-5th selama tidak terjadi kebocoran pada pipa AC. (trik yang dipakai teknisi akan pura2 menambah freon AC anda) 
2. AC tidak dingin belum tentu freonnya kurang bisa jadi AC sudah kotor, tp banyak konsumen berpikir kalau AC kurang dingin harus ditambah freon. 
3. Indoor AC bocor/netes air bukan berarti AC kurang freon tetapi disebabkan AC kotor/ada saluran pembuangan yang mampet. 
4. Posisi remot salah akan menyebabkan AC tidak dingin, dimana posisi remat yang benar harus dalam posisi cool atau lambang *. 
5. menakuti-nakuti konsumen dengan menceritakan hal-hal yang negatif, bila alat ini tidak diganti bisa menyebabkan kerusakan lebih parah pada AC dll. 
6. selektiflah didalam memilih teknisi AC, pililah tempat usahanya yang anda ketahui dan yang jujur. (belum tentu teknisi yang anda pakai sekarang telah jujur).
Tip merawat AC agar tidak cepat rusak dan menghemat biaya perawatan AC adalah:

  1. Service AC secara ruti 3 bulan sekali, jangan ac sudah tidak dingin baru di service. (mencegah lebih baik dari pada mengobati).
  2. AC harus dinyalakan paling tidak 1/2 jam dalam seminggu, walaupun ac jarang digunakan.
  3. Suhu pada remot AC disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan.
  4. bila pada pipa AC ada bunga es dan AC tidak dingin, Ac segera dimatikan karna ada kebocoran pada pipa AC. (supaya tidak menyebabkan compresor rusak).
  5. Telpon telnisi AC bila AC anda bermasalah.
  6. Penipuan timbul bukan niat dari pelakunya tapi karna kurangnya informasi :D
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih