Thursday, January 19, 2017

Mengenal Gejala Penyakit Wasir / Ambeien, Serta Bebera Cara Pengobatannya Secara Herbal dan Alami

loading...
stadium penyakit wasir
Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh manusia adalah wasir, atau dalam bahasa lain dikenal juga dengan nama Ambeien. Kata 'wasir' sendiri berasal dari Bahasa Arab yang juga bermakna penyakit wasir.

Umumnya, penyakit yang sangat mengganggu ini banyak menimpa orang yang menghabiskan banyak waktu lama untuk  duduk di depan meja seperti pegawai kantoran. Tentunya ambeien atau wasir akan menurunkan kinerja kita, sangat menyebelkan bukan?.

Dalam dunia  medis, ambeien adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah di anus atau bibir anus.

Ambeien sendiri dikelompokkan dalam dua macam yaitu wasir internal dan eksternal. Karena beda jenisnya, gejala yang ditimbulkan juga berbeda. Pada wambeien intrnal, biasanya menderita tidak akan merasakan nyeri dan hal ini terjadi bersamaan dengan pendarahan rektum. Sebaliknya, rasa nyeri akan dirasakan oleh penderita ambeien eksternal. Pada penderita ambeien eksternal juga akan mengalami pembengkakan pada daerah anus.


Penyebab, Gejala Dan Tanda Tanda Sakit Wasir Atau Ambeien
Penyebab ambeien sebenarnya belum diketahui secara pasti oleh paramedis, tetapi berkembang isu di masyarakat bahwa ambeien disebabkan oleh beberapa hal, misalnya :

  • * Ada Penekanan aliran darah vena
  • * Bisa Juga Karena Faktor Keturunan
  • * Kurang Aktifitas dan berolahraga
  • * Memiliki Riwayat sembelit/konstipasi saat BAB
  • * Mengalam Sakit Diare Berkepanjangan
  • * Pekerjaanya Sering duduk seharian
  • * Perubahan hormon esterogen pada wanita hamil
  • * Pola makan yang Tidak Teratur ( pedas dan bersantan, minum alkohol dan soda )
  • * Sering Mengangkat Beban Berat
Beberapa Saran Untuk Penderita Wasir
Berikut ada beberap upaya dan terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati wasir secara alamiah, di antaranya : 
  • Ambillah obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda dapat mengambil tablet oral, krim oles atau supositoria anus. Pemberian gel lidah buaya (aloe vera) pada area dubur juga dapat membantu mengurangi peradangan. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan obat alami berbasis daun ungu (graptophyllum pictum) untuk melawan wasir. Daun ungu adalah tanaman yang berasal dari New Guinea dan Polinesia. Saponin, alkaloid, glikosida dan zat lain yang terkandung pada daun ungu dapat menghambat peradangan wasir dan membantu proses pencernaan yang membuat tinja lunak. Efek anti-inflamasi saponin cukup kuat untuk mengatasi wasir yang parah sekalipun. 
  • Bersihkan area dubur dengan baik setiap selesai buang air besar. Anda tidak perlu menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi. Untuk mengeringkan daerah sekitar wasir, Anda bisa menggunakan tisu lembut yang biasa digunakan untuk bayi. 
  • Kurangi rasa nyeri dengan duduk dalam air hangat (sitz bath) tiga atau empat kali sehari selama 10 sampai 15 menit. Anda juga dapat menerapkan kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama sekitar sepuluh menit, tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Cegah atau kurangi sembelit. 
  • wasir eksternal
  • Pilihlah makanan tinggi serat (sayuran, buah-buahan dan biji-bijian) dan perbanyak minum. Hindari teh dan kopi untuk sementara. 
Beberapa Ramuan Herbal Untuk Mengobati Wasir
Selain pengobatan melalui metode medis modern, beberapa cara dan ramuan tradisiional telah dikenal oleh leluhur kita untuk mengobati penyakit wasir. di antaranya adalah:
  • Jeruk Nipis
Akar jeruk nipis 15-20 gram dan daun ungu segar 10-15 gram.  Cara pembuatan dan pemakaian mengobati wasir secara alami. Kedua bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Kemudian minum ½ gelas perhari. 
  • Daun Pegagan
Sediakan 50 gram pegagan segar berikut akarnya. Cuci bersih, rebus dalam 2 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh 
  • Bayam
Ambil daun dan batang bayam duri segar secukupnya. Cuci bersih dan rebus sampai mendidih, kemudian angkat sayuran dari tempat perebusan. Uap yang keluar digunakan untuk menguapi wasir, sedangkan air rebusan yang masih hangat digunakan untuk merendam wasir. Ambil 20 gram daun duduk segar, cuci bersih, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari. 
  • Buah Makasar
Buah makasar biasa disebut juga amber merica, yaitu sejenis  adalah perdu tegak menahun yang tumbuh meliar di hutan. Tumbuhan ini pahit, dan biasa digunakan untuk obat, terutama untuk mencegah disentri, diare, dan malaria

Caranya: Ambil 7 butir buah makasar. Giling sampai halus, lalu masukkan ke dalam kapsul. Minum sekaligus.

Tapi perlu diwaspadai agar tidak menggunakan tanaman ini dalam jumlah banyak, sebab tanaman ini mengandung racun yang menyebabkan efek samping berbahaya terhadap tubuh, seperti sesak nafas, pusing, mencret dan lain sebagainya.
  • Daun Sosor Bebek
Ambil 25 gram daun sosor bebek segar. Cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas hingga bersisa separuhnya. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai wasir sembuh. 
  • Kangkung
Ambil kangkung secukupnya, cuci bersih dan bubuhi dengan garam secukupnya. Lumatkan sampai halus. Bubuhkan campuran tersebut pada bagian yang sakit. 
  • Lidah Buaya
Aloe Vera atau lidah buaya dapat digunakan untuk  mengobati wasir dengan cara kapas dicelupkan ke dalam jus lidah buaya untuk membersihkan daerah anus. Cara ini dapat membantu menghentikan pendarahan dan infeksi.
  • Madu
Caranya dengan mengoleskan madu tersebut kemudian ditutup dengan perban untuk menghilangkan nyeri pada luka. Kira-kira 30 menit, nyeri pada luka akan hilang dan anda boleh membuka perban kemudian basuhlah dengan madu hangat.
  • Tape Singkong
Tape Singkong dapat anda konsumsi secara rutin 3x sehari, pilihlah tape yang sudah lembek karena tape singkong mengandung ragi, konon dapat menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan.
  • Pisang Ambon
Pisang Ambon, dengan cara diblender dengan tambahan satu gelas susu murni dan diminum rutin 3 x sehari selama satu minggu.
  • Daun Iler
Ambil 25 gram daun iler yang segar. Cuci sampai bersih lalu rebus dalam 2 gelas air mendidih, kira-kira selama 15 menit. Tambahkan 5 gram gula merah dan aduk rata. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus.

Hindari Pantangan Penyakit Wasir
Satu lagi yang perlu anda ingat, bagi anda yang sedang menderita wasir atau gejalanya, sedapat mungkin agar tidak mengkonsumsi Makanan Makanan yang dapat membuat gejala wasir anda semakin para, di antaranya  buah Salak, Santan dan olahanya, cabe pedas, makanan Asam, berlemak, minuman soda dan beralkohol.

Semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa. Amin
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih