Friday, October 21, 2016

Silakan Dishare: Ketahui 15 Manfaat dan Khasiat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

loading...
Bicara soal pisang, ternyata bukan hanya buahnya saja yang kaya manfaat, bahkan jantungnya pun sangat berkhasiat untuk memelihara kesehatan.

Jantung pisang mudah didapat dan biasa dijual di pasar dengan harga relatif murah. Tapi tahukah anda, walau harganya murah, tapi manfaatnya tidak murahan!

Jantung pisang yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus, kukus, lodeh atau masakan lain ini ternyata ampuh untuk menangkal dan mengobati berbagai macam penyakit.

Yuk, ketahui manfaat jantung pisang untuk kesehatan kita:


1. Menghindarkan dari Kolesterol
Pada satu buah jantung pisang mampu mengikat lemak jahat yang terdapat dan menggumpal di dalam tubuh. Lemaknya ini nantinya akan dikeluarkan bisa melalui buang air.

2. Menyehatkan Perut
Jantung pisang diteliti oleh ahli kesehatan memiliki atau mengandung fiber yang tinggi sehingga dapat melancarkan sitem pencernaan tubuh manusia.

3. Kaya Kandungan Serat
Dilansir dari berbagai juonal kesehatan bahwa satu buah jantung pisang mengandung karboho=idrat, protein, k=mineral maupun vitamin seperti betakarotin dan vitamin B1.

4. Menurunkan Kadar Gula
Bagi pendrita diabetes maka sangat dianjurkan untuk menngkonsumsii jantung pisang setiap hari. Karena kandungan memiliki indeks glikemik yang cukup rendah.

Indeks glikemik ini yang berfungsi dalam mengubag glukosa menjadi energi. Cukup dengan merebusnya maka sangat efektif dalam menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes.

5. Mencegah Gejala Stroke
Gejala stroke sering menimpa orang tua di usia 40 tahun keatas. Oleh karena dengan mencegahnya maka kamu bisa manfaatin satu buah jantung pisang ambon.

Yakni dengan merebus pisang ambon lalu diperas dan diambil sarinya saja. Setelah itu minumlah sari tersebut sebanyak dua kali sehari untuk mencegah timbulnya stroke.

6. Menurunkan Berat Badan
Apabila kamu ingin menurunkan berat badan yang berlebih maka konsumsilah jantung pisang tanpa menggunakan nasi putih. Sebab jantung bisa mampu memberikan efek kenyang lebih lama.

7. Melancarkan Siklus Darah
Sifat anti koagula yang dimiliki jantung ternyata mampu mencegah terjadinya penumpukan atau penggumpalan darah di dalam tubuh.

8. Menghindarkan dari Resiko Kanker
Ekstrak metanol yang dimiliki oleh jantung maka mampung mencegah efek radikal bebas yang menyerang tubuh. Zat yang menyerupai antioksidan tersebut akan mencegah radikal bebas yang masuk melalui organ tubuh sehingga akan mengakibatkan sel tubuh menua dan rusak.

9. Anti Penuaan Dini
Jadi pada jantung pisang tidak hanya kandungan vitamin yang cukup tinggi namun dapat memperbaiki sel-sel yang rusak sebab kandungan flavoniodnya juga berfungsi sebagai anti radikal.

10. Mengobati Gondok
Ternyata setelah diteliti oleh pakar kesehatan jantung pisang memiliki yodium yang efektif dalam mengobati penyakit gondok

11. Menyembuhkan Luka
Zat etanol pada jantung mampu menghalangi perkembangan bakteri jahar yang dapat merusak sistem imun tubuh.

Caranya, ambil jantung pisang lalu belah dan ambil getahnya, lalu tempelkan pada luka. Selain jantung pisah, getah pada pelepah muda pisang juga ampuh mengobati luka. Penyembuhan dengan getah pisang terbilang cepat, tapi anda harus mampu menahan rasa perih sedikit.

12. Meningkatkan Produksi Eritrosit
Eritrosit adalah nama lain dari sel darah merah. Jadi dengan mengkonsumsi jantung pisang yang memiliki kandungan zat besi akan membantu memproduksi hemoglobin dalam darah.

13. Mengontrol Menstruasi
Bagi wanita yang siklus haidnya tidak lancar, cobalah mengkonsumi jantung pisang rebus.  Dilansir juga dari penelitian ahli kesehatan, jantung pisang yang direbus ternyata memiliki efek dalam mengontrol hormon progesteron sehingga darah haid yang keluar pada wanita dapat dikontrol dengan baik.

14. Mengurangi Stres
Kandungan magnesium ternyata mampu mengembalikan mood yang sempat hilang jadi dengan memakannya akan mengembalikan suasana hati yang sempat penat.

15. Meningkatkan Produksi ASI
Kalau resep yang satu ini sudah cukup populer. Jantung pisang biasa diberikan oleh orangtua kita sejak zaman dahulu bagi wanita yang baru melahirkan.

ASI merupakan sumber nutrisi bagi bayi. Apabila ibu yang telah melahirkan mengkonsumsi rebusan jantung pisang maka dipercaya mampu dalam memperlancar ASI.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih