Friday, October 14, 2016

[Ngaji] : 6 Perakara Yang Dapat Merusak / Menghanguskan Amalan Seseorang

Sungguh meruginya... manusia yang hidup tak seberapa lama di dunia ini, tapi tidak membawa bekal yang cukup ke akhirat....berupa amal ibadah dan kebaikan...

Tapi banyak juga, mereka yang telah banyak beramal, tapi amalnya menjadi sia-sia ... karena itu, kenalilah beberapa hal yang dapa tmerusak amal perbuatan agar tidak menjadi manusia merugi,...

1 . الاستغلال بعيوب خلق 
Al istighlal bi’uyubil kholqi.... (sibuk dengan aib orang lain), sehingga lupa pada aib sendiri. Semut di seberang kelihatan sedang gajah di pelupuk mata tidak kelihatan.

2 . قسوة القلوب 
Qaswatul qulub.... (hati yang keras). Kerasnya hati terkadang lebih keras dari batu karang. Sulit menerima nasehat.

3 . حب الدنيا 
Hubbud dunya.... (cinta dunia), takut mati, merasa hidupnya hanya di dunia saja maka segala aktifitasnya tertuju pada kenikmatan dunia sehingga lupa akan hari esok di akhirat.

4 . قلة الحياء
Qillatul haya'... (sedikit rasa malunya), jika seseorang telah kehilangan rasa malu maka akan melakukan apa saja tanpa takut dosa.

5 . طول امل 
Thuulul amal ...   (panjang angan-angan), merasa hidupnya masih lama di dunia ini sehingga enggan untuk taubat.

6 . ظلم لا ينتهي 
Zhulmun la yantahi (kezhaliman yang tak pernah berhenti). Perbuatan maksiat itu biasanya membuat kecanduan bagi pelakunya jika tidak segera taubat dan berhenti maka sulit untuk meninggalkan kemaksiatan tersebut.

Astaghfirullah al 'Azhiem.

Semoga Allah memberikan kita Petunjuk dan Hidayah Nya, agar di setiap ilmu yang kita miliki, dapat menggerakkan kita untuk lebih dekat lagi kepada Allah. Aamiin Yaa Rabbal'alamin!
Muslim saling mencintai muslim dan tidak saling membenci siapapun.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih