Wednesday, October 18, 2017

[Tips] Cara Menyalin Otomatis Dari Kertas [Buku, Makalah dll] Ke Teks Tanpa Perlu Mengetik Ulang

loading...
Bagi seorang penulis atau mahasiswa, terkadang membutuhkan referensi dalam penulisannya. Referensi ini bisa berupa buku, makalah, jurnal, koran, majalah dan lain sebagainya.

Biasanya, ketika hendak menyalin atau mengutip suatu referensi, kita perlu mengetik ulang apa yang kita baca pada buku atau makal;ah dll tersebut. Bila yang ingin kita salin sedikit, mungkin tidak mengapa. Tapi bagaimana jikalau tulisan yang hendak dikutip itu cukup banyak dan lebih dari 3 peragarf misalnya? Tentu akan cukup merepotkan dan  menghabiskan banyak waktu.

Bayangkan anda harus mengetik kata per kata, sehingga mata anda bolak balik dari halaman buku ke layar komputer atau laptop. Cukup menyita waktu bukan?

Nah, tapi sekarang anda tak per khawatir. Berkat kemajuan teknologi, piranti modern ternyata berkembang dan membantu manusia dalam aktifitasnya, termasuk menyalinkan buku ke bentuk tulisan (teks) komputer.

Bagaimana caranya? Ya, cukup dengan modal smartphone berbasus Android atau IOS yang telah dilengkapi kamera digital, anda dapat dengan mudah menyalin tulisan pada buku ke bentuk soft text.

Umumnya, aplikasi ini memanfaatkan suatu teknologi yang disebut sebagai Text Scanner. Cara kerjanya cukup sederhana, kamera akan membidik halaman kertas yang bertulisan, lalu menyimpannya dalam bentuk image. Setelah itu, image ini akan dikonversi menjadi teks melalui pemindaian yang canggih. Teks ini kemudian dapat dicopy atau dipaste pada media dan software lain seperti Notepad, Microsoft Word dan sebagainya.

Dengan aplikasi ini, anda dapat menyalin satu halaman buku hanya dalam hitungan detik saja!

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk hal ini, di antaranya adalah Google Translate (pada Android) dan Text Fairy. Nah, dari pengalaman admin, kedua aplikasi ini sebetulnya sama hebatnya, akan tetapi kali ini kita akan mengulas tentang aplikasi dan kehebatan Text Fairy saja.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, silahkan download dan pasang aplikasi Text Fairy pada smartphone anda. Anda bisa mengetik pencarian pada Google Play atay App Store dengan kata kunci Text Fairy (OCR Text Scanner). Lalu instal seperti gambar di bawah ini.


Setelah terintal, silahkan pilih bahasa pemindaian terlebih dahulu


Silahkan pilih Bahasa Indonesia. 

Setelah itu, kita mulai pemindaian (scanning). Pemindaian dapat dilakukan melalui kamera. Atau juga dapat mengkonversi langsung dari gambar yang sudah ada (gambar yanng mengandung tulisan tentunya)

Jika ingin menyalin dari buku, tentu saja kita haru memanfaatkan kamera. Maka pilih iko kamera seperti di gambar di bawah ini.


Setelah kamerah terbuka, arahkan smartphone anda pada buku atau koran atau majalah yang ingin anda salin. Lalu skop gambar yang telah diambil agar hanya mencakup tulisan saja. 


Lalu pilih apakah anda mengambil tulisan dari 2 kolon atau satu kolom. (biasanya ada beberapa jurnal yang memakai dua kolom). Lalu tekan START.


Lalu tekan: Start Text Recognbtion. Maka smartphone anda pun akan mulai bekerja, yaitu merubah gambar yang telah dicapture menjadi tulisan. Hanya butuh beberapa detik saja untuk melakukan hal ini,. 



Tunggu sampai selesai 100 %

Dan sekarang, gambar telah berubah menjadi teks! Anda bisa mengkopi tulisan yang ada lalu mem-paste-nya ke aplikasi lain seperti Microsoft Word, dll. Atau anda juga dapat menyimpannya menjadi file PDF yang mengandung teks (bisa disearch dan dikopi per kata).


Nah, setelah itu, fila anda bisa dibuka di komputer

Bagaimana, mudah bukan? Selamat berkarya!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih