Monday, July 31, 2017

[Foto] Indahnya Panorama Hijau Pegunungan Faifa di Saudi Arabia

Mendengar nama Saudi Arabia, bayangan sebagian orang umumnya tertuju pada gersangnya padang pasir yang tandus, ataupun gunung batu yang kering dengan permukaan panas menyengat.

Tapi tunggu dulu, tahukah anda bahwa Arab Saudi juga memiliki kawasan pegunungan hijau nan indah permai...? Ya, di kawasan Saudi Arabia bagian selatan, di dekat perbatasan dengan Yaman, terdapat jajaran gunung Faifa (ketinggian mencapai 3000 mdpl) yang menghijau dengan panorama yang sangat indah.

Kawasan Faifa merupakan daerah pegunungan yang terletak di Provinsi Faifa (terletak di Barat Daya Arab Saudi) yang merupakan salah satu wilayah Jazan. Dengan curah hujan yang cukup tinggi dibanding kawasan Arab Saudi lainnya, membuat pegunungan-pegunungan bertipe piramin di kawasan ini ditumbuhi hutan yang lebat serta tanaman-tanaman yang subur dan asri. Saat ini, Gubernur Faifa dipinpin oleh Muhammad bin Abdullah al-Ghazzi, sedangkan kawasan Jazan sendiri diperintah oleh Pangeran Muhammad bin Nashir bin Abdul Aziz.

Kesuburan tanah di Faifa menghasilkan berbagai hasil bumi, di antaranya: Kopi, gandum, jelai, grain millet, mangga, lemon, pisang, jambu biji, tin, serta berbagai jenis rempah dan tumbuhan wangi. Kelembaban kawaasan ini pun cukup tinggi (suhu berkisar 16 - 28 derajat celcius), dan semua ini akan merubah persepsi anda tentang Arab Saudi

Dengan penduduk sekitar 60.000 jiwa (sensus 2011), keindah kawasan Faifa semakin terasa ketika melihat rumah-rumah penduduk yang berjejer rapi di sekeliling gunung sehingga terlihat seperti di kawasan Andalusia. Kawasan ini dihuni oleh sekitar 20 kabilah utama yang beradi di bawah klan Bani Khaulan. Kabilah-kabilah tersebut di antaranya Kabilah bani Ubaid bin Ahmad, kabilah Bani Atha bin Ahmad, dan Kabilah Bani al-Marzuqi.

Nah, bagaimana keindahan pegunungan Faifa di Arab Saudi, langsung saja lihat di foto-foto berikut ini: (klik gambar untuk resolusi yang lebih baik)

rumah-rumah penduduk di sekeliling pegunungan Faifa, Saudi Arabia
Kawasan Faifa yang subur dengan perbukitan menghijau
Perumahan penduduk Faifa di puncak bukit
indah bukan?
Nah, begitulah keindahan kawasan pegunungan Faifa di Arab Saudi, bagaimana pendapat anda?

Kalau mau lihat keindahan Faifa lewat video, lihat di bawah ini:

loading...

1 comment:

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih