Friday, July 21, 2017

Khasiat dan Efek Samping Cengkeh Bagi Kesehatan Manusia

loading...
Cengkeh merupakan rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini biasa dijadikan bumbu masakan baik itu ketika masih utuh atau yang sudah menjadi bubuk.

Yang menarik juga, cengkeh juga biasa digunakan sebagai bahan rokok di Indonesia sehingga rokok produksi Indonesia memiliki kekhasan tersendiri.

Di India dan Timur Tengah, cengkeh menjadi bumbu wajib ketika hendak memasak nasi, misalnya saja nasi mandhi, kabsah, kebuli, briyani dan sebagainya.

Mengenal ciri Cengkeh

Cengkeh sebenarnya memiliki banyak jenis dan semuanya bisa berbeda-beda. Namun ada ciri-ciri umum dari cengkeh yang bisa kita kenali seperti jenis daun trifoliate yang terdiri antara 5-7 biji daun tertutup, memiliki tangkai daun yang terajut dengan stipula adnate dan mempunyai kepala bunga yang berwarna putih, ungu, merah atau kuning.

Selain itu, cukup banyak varian kue kering yang menggunakan cengkeh sebagai hiasan dan penambah rasa di kue kering tersebut.

Sifat cengkeh yang hangat membuatnya sangat cocok untuk dijadikan campuran minuman di kala cuaca dingin. Selain mampu menghangatkan tubuh, cengkeh pun memiliki banyak manfaat lain, berikut beberapa manfaat dari cengkeh :

Beberapa Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung
kandungan eugenol pada cengkeh sangat baik bagi kesehatan jantung. Eugenol mampu mencegah pembekuan darah sehingga aliran darah bisa mengalir dan lancar. Darah yang lancar sangat baik bagi kesehatan jantung dan mencegah terkena penyakit jantung bahkan stroke.

2. Anti bakteri dan Jamur
Eugenol dikenal sebagai antiseptik alami. Kandungan eugenol pada cengkeh juga baik bagi kesehatan kulit. Sifat anti bakteri dan jamur nya mampu mengatasi beberapa penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus beberapa cengkeh, ambil airnya dan oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi. Setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

3. Anti Inflamasi/peradangan
Di dalam cengkeh juga ditemukan beberapa zat aktif seperti flavonoid. Flavonoid ini sangat baik dalam mencegah peradangan. Sifatnya yang anti inflamasi mampu mencegah peradangan.

4. Meringankan Infeksi Saluran Pernafasan
Kandungan antioksidan dan berbagai zat lainnya yang mampu membunuh kuman pada cengkeh ini bisa jadi alternatif untuk membantu meringankan infeksi saluran pernafasan. Rasa hangat pada cengkeh bisa jadi ekspektoran untuk membantu menyembuhkan gangguan pernafasan.

5. Mengatasi Mual dan Muntah
Beberapa kandungan pada cengkeh sanagt baik bagi mereka yang mengalami masalah mual dan muntah. Cengkeh dan minyak cengkeh dapat menjadi solusi bila kalian sedang mengalami masalah ini.

6. Mengobati Sakit Gigi
Cengkeh dikenal dapat membantu mengobati sakit gigi. Kandungan pada cengkeh dipercaya bisa menjadi antibiotik untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada pada gigi. Caranya sederhana, tempelkan kapas yang telah dimasukan ke dalam minyak cengkeh kemudian tempel di bagian gigi yang terasa sakit.

7. Meningkatkan Sistem Pencernaan
Dalam jumlah yang tepat cengkeh mampu meningkatkan sistem pencernaan. Namun jika berlebihan bisa mengiritasi lambung.

Efek Samping Cengkeh

Di balik segudang manfaat nya yang baik bagi kesehatan, cengkeh ini pun bisa membahayakan tubuh. Yaitu ketika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Berikut beberapa efek samping yang timbul dari konsumsi cengkeh yang berlebihan :

1. Alergi
Pada beberapa orang cengkeh dapat mengakibatkan alergi. Gejala umumnya seperti ruam, gatal-gatal dan sesak nafas. Pada beberapa orang alergi cengkeh bisa langsung terasa jika minyak cengkeh dioleskan ke kulit atau saat mengobati sakit gigi.

2. Bahaya Minyak Cengkeh Murni
Minyak cengkeh murni dapat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan atau dalam dosis yang besar. Efek yang bisa terjadi akibat ini adalah kesulitan bernapas, kejang, sakit tenggorokan,muntah bahkan dapat merusak ginjal dan hati. Untuk kalian yang mau mencoba sebaiknya ikuti saran dokter sebelum mencobanya.

3. Pendarahan
Efek eugenol yang mampu mencegah pembekuan darah yang berarti darah bisa mengalir lebih baik dan lancar ini bisa menimbulkan pendarahan bila konsumsi minyak cengkeh yang berlebihan. Untuk Anda yang hendak operasi atau setelah operasi sebaiknya tidak konsumsi minyak cengkeh terlebih dahulu.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika ingin memberi anak Anda minyak cengkeh ini karena bisa berbahaya jika diberikan sembarangan. Perhatikan juga saat meminumnya. Jangan campur dengan obat-obatan lain jika bukan saran dari dokter. Di khawatirkan dapat berbenturan dengan efek obat dan bisa membahayakan jiwa.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih