Sunday, July 30, 2017

Penyebab Seorang Hamba Malas Beribadah

loading...
Bagi sebagian orang, ibadah dianggapnya sebagai hal sepele. Ada manusia yang sama sekali tak terbesit penyesalan di hatinya ketika meninggalkan ibadah.

Sebagian hamba Allah ada juga yang begitu memiliki keinginan kuat untuk beribadah. Tapi ada kalanya ia merasa malas dan amat berat melaksanakan ibadah.

Lantas apa sebenarnya penyebab seseorang merasa berat dan malas beribadah? Berikut di antaranya:

1. Melakukan ibadah bukan ikhlas karena Allah, terselip di hati hanya karena ada keinginan duniawi, sehingga ibadah cepat bosan.

2. Tidak jelas tujuan hidup, yang ada dalam fikiran dan hatinya melulu bagaimana mendapatkan duniawi, jarang mengingat kematian dan akhirat.

3. Tinggal di lingkungan yang kurang kondusif dalam beribadah secara istiqomah, sehingga terpengaruh dengan suasana lingkungan.

4. Jarang menambah ilmu, padahal pupuknya iman adalah ilmu, merasa cukup dengan ilmu bahkan merendahkan orang-orang yang berilmu.

5. Jarang bersilaturahmi dengan orang-orang sholih yang bisa mewarnai dan menyirami hati dikala galau dan penuh persoalan.

6. Hari demi hari dijalani sekenanya aja, tanpa ada rencana dan agenda jelas, sehingga waktunya berlalu percuma banyak sia-sia.

Berlindunglah kepada Allah, Semoga kita bisa menghindari keenam penyakit penyebab malas ibadah ini.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih