Friday, June 16, 2017

Kejadian di Tiongkok Ini Mengingatkan Kita Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan

loading...
Kejadian di Tiongkok ini benar-benar bisa mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga dan memeriksakan kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan.

Seperti dikutip dari Brilio.net, seorang pria di Tiongkok mengalami suatu kejadian aneh pada pencernaannya, dan membuat tim medis terkejut ketika menanganinya. 

Berikut kutipan selengkapnya:

Bila seseorang mengalami sakit di bagian perut, bisa jadi pertanda ada yang salah dengan tubuh. Misalnya saja sembelit atau diare yang biasanya sembuh dalam sehari atau dua hari.

Tapi kalau sampai mengalami sembelit lebih dari 1 minggu bisa jadi pertanda bahaya. Seperti yang dialami oleh seorang pria asal China ini yang telah menderita sembelit selama bertahun-tahun.

Tim ahli bedah telah melakukan prosedur untuk membuang 30 inchi usus besar pria berusia 22 tahun yang mengalami konstipasi parah selama bertahun-tahun itu. Rupanya, pria yang tidak disebutkan namanya itu terlahir dengan penyakit Hirschsprung (HD) yang membuatnya tidak bisa buang air besar sehingga membuat perutnya membesar seperti orang hamil.

Selama ini pria itu mengandalkan obat pencahar untuk menyembuhkan sembelitnya. Ia hampir saja terlambat menyelamatkan nyawanya jika tidak segera pergi periksa ke dokter.

Dokter Yin Lu dan tim ahli di 10th People’s Hospital of Shanghai di China Timur, bertemu dengan pria itu dan mengklaim bahwa mereka tertegun dengan ukuran perutnya.

"Seperti bisa meledak kapan saja," tambah Dr Yin Lu seperti dikutip brilio.net dari viral4real, Senin (12/6).

Tes laboratorium yang dilakukan dokter memastikan bahwa kotoran pemuda tersebut tersumbat di usus besarnya. Para dokter kemudian melakukan operasi selama 3 jam untuk mengangkat usus besar berisi kotoran sepanjang 30 inchi. Mereka bahkan menjahit kedua ujungnya agar kotoran tersebut tidak jatuh.

Setelah ditimbang, ternyata kotoran tersebut berbobot 13 kg. Dr Yin Lu mengungkapkan bahwa kondisi pasien sudah stabil dan diharapkan segera pulih.

Menurut informasi dari laman The Sun, penyakit Hirschsprung (HD) terjadi sekitar satu dari setiap 5.000 kelahiran. Hal ini biasanya didiagnosis pada bayi dan anak-anak dan menyebabkan konstipasi parah yang dapat menyebabkan infeksi usus yang berbahaya, yang disebut enterocolitis jika tidak diobati sejak dini.


Gejala HD bervariasi tergantung apakah itu pada bayi atau anak-anak.
Pada bayi, tanda-tandanya meliputi:
- Gagal melewati mekonium dalam waktu 48 jam
- Perut bengkak
- Muntah cairan hijau (empedu)

Pada anak yang lebih tua, tanda-tanda meliputi:
- Perut bengkak dan sakit perut
- Sembelit terus-menerus yang tidak membaik dengan pengobatan biasa
- Meski makan banyak, berat badan turun
- Jika anak terkena enterocolitis, mereka mungkin juga mengalami suhu tinggi, dan diare yang berbau busuk.
Ibu dan ayah harus segera membawa anak-anak mereka ke dokter jika melihat gejala tersebut.

Semoga kita semua senantiasa dikaruniakan kesehatan oleh Yang Maha Kuasa. Amin.

Sumber: https://www.brilio.net/duh/pria-ini-sembelit-bertahun-tahun-ternyata-ada-13-kg-tinja-di-ususnya-170612b.html
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih