Monday, August 13, 2018

Mengenal Borosilicate Glass, Kaca Berkualitas Tinggi Tahan Panas Ekstrim

Kaca Borosilicate (Borosilicate Glass) adalah salah satu jenis kaca yang paling berkualitas di dunia. Disebut demikian, karena  mengandung unsur trioksida boron (B - 2 - 3) o 5 ~ 13% (m/m). Pada tahun 1997, dirilis oleh ISO 12775" produksi massal normal kaca komposisi klasifikasi dan metode pengujian yang ditetapkan dalam borosilicate glas (termasuk gelas netral) yang mengandung boron trioksida (B - 2-3 o) lebih besar dari 8% (m/m).

Karena kekuatan dan ketahanannya, kaca jenis ini sering dijadikan sebagai bahan perkakas sehari hari seperti botol makanan dan minuman, panci dan lain sebagainya.

Menggunakan bahan borosilicate glas untuk botol memberikan keutungan yang luar biasa, terutama mengingat daya tahan panasnya yang tinggi, dibandingkan dengan kaca biasa, terutama resistensi dampak dan suhu resistansi tinggi.

Bahkan jika Anda Panaskan boron silikon kaca dan menempatkannya dalam air dingin, boron kaca tidak akan retak.

Banyak orang yang telah menguji borosilicate glas secara pribadi, ada yang membakarnya di atas api selama 20 menit, dan ternyata tidak berdampak apa-apa terhadap kaca.

Sekarang borosilicate glas mulai banyak digunakan untuk perkakas masak dalam microwave, oven, surya tabung reaktor kimia, dll. Bahkan, sekarang ini borosilicate glass mulai digunakan untuk banyak perkakas.

Untuk saat ini, borosilicate glas dinilai sebagai kaca teraman di dunia, karena itu tak heran botol  susu bayi saat ini juga menggunakan bahan ini. Bahan borosilicate glas dikenal sebagai bahan yang transparan dan halus, mudah dibersihkan,  dan tidak mudah ditempeli kotoran, tanah terhadap minyak, asam dan alkali.

JIka kaca borosilicate glas diadu dengan kaca lain, maka kaca lain akan pecah dengan mudah. Jika kaca biasa memiliki residu (serbuk) tidak demikian halnya dengan kaca jenis ini.

Berikut adalah standar internasional untuk bahan borosilicate glas : Internasional standar ISO 4802. 1-4802 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih