Wednesday, August 1, 2018

Latar Belakang Mengapa di Mobil Arab dan Timur Tengah Banyak Terdapat Kaligrafi Bertuliskan Bismillah Masya Allah La Quwwata Illa Billah

Jika kita berkunjung ke berbagai negara di Timur Tengah, baik di kawasan Teluk seperti Arab Saudi, Yaman, Qatar, UAE, Bahrain, Irak, maupun di kawasan Syam seperti Suriah, Yordania, Lebanon, Palestina, atau kawasan Afrika Utara seperti Mesir, Tunisia, Maroko, Aljazair dan lain-lain, maka kita akan terbiasa melihat pemandangan stiker kaligrafi kawasan bertuliskan kalimat Thayyibah.

Umumnya, kaligrafi-kaligrafi tersebut bertuliskan Masya Allah (ما شاء الله) atau Bismillah Masya Allah (بسم الله ما شاء الله) dan lain sebagainya. Kaligrafi tersebut ditempel pada mobiol atau pun pertokoan.

Nah, sebenarnya penempelan stiker kaligrafi tersebut bukan tanpa alasan. Selain untuk memperindah, kaligrafi kalimat zikir tersebut juga bertujuan untuk menghindari 'ain (pandangan mata yang merusak/membinasakan).

Dalam Islam, kita diajarkan untuk membiasakan ketika ingin memuji atau kagum pada sesuatu, baik itu memuji rumah, kendaraan, atau seseorang, dahulukanlah dengan memuji Allah Azza wa Jalla. Contoh: "masyaallah, lucunya bayi ini". Atau bisa juga; "masyaallah bagusnya rumah ini".
.
‎عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَيْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتُغْسِلْتُمْ فَاغْسِلُوا
.
Dari Ibnu Abbas rodhiyallohu anhu, Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Ain (mata jahat) itu benar-benar adanya, jika seandainya ada sesuatu yang mendahului qodar,maka akan didahului oleh ain.Apabila kamu diminta untuk mandi maka mandilah. (hadist riwayat Muslim)
.
‎عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ
.
Dari Aisyah rodhiyallohu anha,Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : Mintalah kalian perlindungan kepada Alloh dari ain (mata jahat) karena sesungguhnya ain itu haq (benar) (HR ibnu Majah)
.
Penyakit ‘Ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pengaruh buruk pandangan mata,yaitu pandangan mata yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap apa yang dilihatnya.
.
Dari Amir bin Robi’ah rodhiyallohu anhu :
.
‎قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ أَوْ مِنْ نَفْسِهِ أَوْ مِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ
.
Rosullullah shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).
.
Bagi yang gemar selfie juga harap berhati-hati. Karena bisa jadi tanpa kita sadari ada yang diam-diam kagum kepada anda lalu tanpa sadar anda terkena 'ain dari kekaguman berlebihnya kepada anda. Atau bisa juga dr kebencian yang berlebih kepada anda. Allahu'alam
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih