Thursday, September 7, 2017

Apa Itu Kertas Decal dan Apa Gunanya?

loading...
Kertas decal adalah istilah populer untuk Inkjet Water-Slide Decal Paper, yaitu salah satu jenis kertas transfer (transfer paper) yang permukaannya dilapisi lem, sehingga bila ada lapisan varnish di atasnya bisa terangkat atau lepas bila dimasukkan kedalam air. Dan lapisan Varnish itu bisa dipindah ( transfer ) ke media apa saja asal permukaannya halus dan tidak meresap.

Dengan menggunakan kertas Decal ini , Dekorasi Gambar/ Varnish bisa di pindah ( ditransfer ) atau diaplikasikan kepermukaan suatu benda lain sebagai media atau objek, seperti: Gelas, metal ( besi, baja, aluminium ), keramik, terracotta, kayu, peralatan rumah tangga, lilin hias, mainan anak-anak dari plastic, peralatan pancing ikan, mobil, sepeda motor, helm, pigura, sampul buku atau sampul album, sabun, banyak sekali yang lainnya.

Beriku beberapa fungsi dan aplikasi kertas decal pada beberapa media :

contoh mug yang dicetak dengan kertas deca
1. Sablon Pada Gelas Mug
Salah satu penggunaan kertas decal yang cukup populer akhir-akhri ini adalah untuk sablon mug. Mug umumnya berukuran besar dan memiliki permukaan yang tidak rata, jadi kan sangat sulit jika di sablon manual ataupun dengan di press menggunakan pemanas.

Nah, Solusinya adlah dengan memakai kertas decal

2. Sablon pada Cangkir Enamel Seng
Jika cangkir enamel Seng hanya bisa di sablon manual dengan 1 warna saja, nah dengan kertas decal kita biasa membuatnya full color.

3. Lukis lilin dan kuku
Ohya?  Kertas Decal Juga bisa diaplikasikan diberbagai permukaan benda termasuk lilin, dan yang populer baru-baru ini untuk stiker kuku

Beberapa hasil dekorasi diatas adalah aplikasi  Kertas Decal dengan macam-macam perlakuan finishing. Kalau ditempel di benda tahan panas Anda bisa menambah daya tahanya dengan memasukannya dalam oven roto dengan temperatur 100 derajat selama 5-10 menit. Kalau ditempel dibenda yang tidak tahan panas, anda tidak perlu melakukan pengovenan

Jenis Jenis Kertas Decal
Kertas decal pada awalnya digunakan oleh perusahaan keramik untuk keperluan decorasi dengan menggunakan teknik Sablon Manual dan tentunya menggunakan tinta keramik yang harus di oven  dengan temperatur lebih dari 500 derajat ada juga yang sampai 800 derajat.

Namun seiring perkembangan teknologi cetak printing kertas decal kemudian dimodifikasi sehingga bisa diprint. Berikut jenis-jenis kertas decal sesuai dengan teknik dan support tintanya :

Decal Sablon
Decal Sablon  merupakan Decal pertama atau orang menyebutnya decal Asli (original) karena belum dimodifikasi dengan cairan apapun. Kertas ini sebetulnya digunakan di industry keramik, disablon menggunakan warna yang tahan sampai 600 dan ada yang sampai 800 derajat celcius. Kertas Decal Sablon ini tidak bisa diprint (Luntur) dan  hanya bisa digunakan  dengan teknik sablon manual dengan menggunakan cat kusus baik itu cat gelas, cat plastik atau cat keramik.  Biasanya Ukurannya 50 x 70 cm Trans parant

Decal Laser
Perlu Anda ketahui Kertas  Decal Sablon akan lengket jika dipaksa diprint menggunakan printer laser. Padaha,l produksi cetak menggunakan printer laser bisa lebih cepat dan tidak luntur. Karena Hal itulah Kertas decal Laser diproduksi. Kertas Decal Laser Yaitu Kertas decal yang sudah dimodifikasi dengan Coating khusus laser sehingga tidak lengket ketika diprint menggunakan printer laser.Decal ini sangat cocok untuk produksi banyak karena hargannya ekonomis dan juga proses printnya lebih cepat. Decal laser ini biasa digunakan untuk dekorasi motor, helm dan lain2.
Dijual dengan ukuran A4 dan A3 transparant. Decal ini bisa dicetak dengan tinta pigment tapi hasilnya kurang memuaskan

Decal Sublim & Pigment
Decal Sublim & Pigment adalah Kertas decal dengan caoting kusus sehingga support untuk diprint/dicetak menggunakan tinta sublim. Kertas Decal Sublim ini juga sangat baik digunakan untuk printer laser mupun printer dengan tinta pigment, durabrite dan artpaper. Harga sedikit lebih mahal dibanding dengan decal laser tapi untu kualitas memang beda. Hasil cetak mengguanakan decal sublim akan terlihan lebih pekat dibanding dengan decal yang lain. Pemakai printer bertinta pigment dan durabrite sering menggunakan kertas decal sublim ini untuk kperluan decorasi outdor. Biasanya dicual dalam ukuran A4

Decal Tinta Biasa (Dye)
Kertas decal tinta biasa (Dye) ialah kertas dengan double coating kusus (mirip plastik) sehingga support untuk anda yang hanya memiliki printer dengan tinta inject biasa (Dye). Coating kusus yang mirip plastik ini berfungsi untuk  melindungi tinta agar tidak bersentuhan langsung dengan air ketika akan dicelup  (biar nggak luntur). Nah inilah yang menyebabkan harganya sedikit lebih mahal dari pada decal yang lain. Untuk decal jenis ini ada 2 warna yaitu Transparant dan Putih (untuk baground putih biasa dipakai untuk decorasi gelas bening sehingga decorasinya lebih terlihat)

Dengan Kertas Decal yang sekarang bisa di print, Kita akan sangat mudah dan praktis membuat decorasi   pada permukaan benda apapun . Berikut gambaran alat dan bahan yang agan butuhkan :

  • Printer (misalnya merek Epson dll) dengan tinta Pigment, Durabrite, Sublim, Art Paper, Printer laser, atau Dye
  • Water Slide Decal Paper
  • Acrylic Crystal Clear High Gloss spray (pilox)

  Gambar sederhana pengunaanya : Print  Decal > Coating Pilox > Tempel (Trasfer) > Oven
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih