Wednesday, October 21, 2015

[Kisah Inspiratif]: Nasehat Yang Sama, Tapi Hasilnya Berbeda...

Alkisah, sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhir, dia memberi pesan kepada ke dua anaknya:

"Anakku, dua pesan penting yang ingin ayah sampaikan kepadamu utk keberhasilan hidupmu... Pertama: jangan pernah menagih piutang kepada siapapun... Kedua: jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsung".

Tak lama kemudian, sang ayah pun wafat menghadap sang Ilahi meninggalka dua orang putranya yang sudah dewasa itu.

Kini, 5 tahun telah berlalu. Suatu ketika, sang ibu pun menengok anak sulungnya dengan kondisi bisnis yang sangat memprihatinkan, si ibu pun bertanya:

"Anakku, mengapa kondisi bisnismu jadi begini???".

Anak sulung itu menjawab:

"Saya mengikuti pesan ayah bu... Saya dilarang menagih piutang ke siapa pun sehingga banyak piutang yang tidak dibayar.. hingga akhirnya lama-lama habislah modal saya... Begitu pun pesan beliau yang kedua, ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi". Jelas si anak dengan penuh duka.

Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yang keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya. Sang ibu pun bertanya:

"Anakku, mengapa hidupmu sedemikian beruntung...?"

Si bungsu menjawab:
"Ibu, ini tak lain berkat saya mengikuti pesan ayah bu.. Pesan yang pertama saya dilarang menagih piutang kepada siapapun. oleh karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapapun sehingga modal saya tetap utuh.. Pesan kedua saya dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka saya selalu berangkat kerja sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam.."

* * *
Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yang SAMA, namun masing-masing memiliki penafsiran dan sudut pandang atau PIKIRAN berbeda.

Mereka MELAKUKAN cara yang berbeda sehingga mendapatkan HASIL yang berbeda pula. Hati-hatilah dengan pikiran kita.. Pikiran positif memberi hasil menakjubkan, sebaliknya pikiran negatif memberikan hasil menghancurkan...
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih