Tuesday, May 26, 2015

Mengenal IFrame, Cara Membuatnya, Dan Dampaknya Terhadap Search Engine Optimizer (SEO)

loading...
Apa itu Iframe? Apa dampak Iframe pada SEO? Ini adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh para blogger dan pengguna platform blog pada umumnya.

Secara singkat, Iframe adalah "bingkai" untuk menampilkan webpage lain pada suatu halaman. Salah satu contoh Iframe yang banyak digunakan adalah chatbox untuk melakukan interaksi antara pengguna web. Ada juga yang memasang iframe berupa layanan video (misalnya dari youtube) dan juga berita.

Membuat iframe di blog sangatlah mudah,  cukup gunakan perintah html di bawah ini dan pasangkan di posting blog anda (di bagian edit html tentunya, bukan bagian compose):

<iframe src="http://putramelayu.web.id" width="350px" height="300"></iframe>
Keterangan:
Ubah http://putramelayu.web.id dengan URL yang ingin anda tayangkan
Ubah nilai width (lebar) dan height (tinggi) dengan nilai yang anda suka

Dengan melakukan ini anda akan membuat browser anda memuat dua halaman sekaligus, yaitu halaman anda dan halaman yang anda beri iframe.

Lantas, apa dampak membuat Iframe pada SEO?

Sudah menjadi isu di dunia maya bahwa iframe berdampak tidak baik untuk SEO. Banyak orang yang mengatakan bahwa Iframe tidak SEO friendly.

Tapi benarkah itu? Hal yang perlu digaris bawahi pertama kali adalah saat membuat Iframe anda membuat browser anda memuat tambahan halaman web dalam satu tab. Semakin banyak iframe yang anda gunakan, maka semakin banyak pula halaman web yang dibuka secara bersama-sama.

Anggap saja blog anda mempunyai beberapa gambar sampai total file yang harus didownload adalah 600kb. Lalu bagaimana jika halaman yang anda beri iframe juga mempunyai ukuran yang lumayan besar? Atau bahkan lebih parah lagi, halaman tersebut mempunyai javascript yang butuh waktu lama untuk dimuat?

Perlu anda ketahui bahwa proses memuat halaman anda tidak akan selesai sebelum semua komponen web page yang anda masukkan dalam iframe itu termuat semua. Anggap saja halaman web yang anda tempel itu lancar tebuka saat ini. Tapi apa itu berarti bebas masalah? Belum tentu. Bagaimana jika setelah dua bulan halaman itu bermasalah pada javascript?

Kalau waktu muat blog anda terlalu lama, itu bisa berpengaruh pada pengindeksan blog anda. Kenapa? Anggap saja robotnya google sampai di halaman web anda dan berusaha memuat halaman anda, kalau iframe anda berisi website yang berat atau bahkan macet, maka blog anda bisa "kehabisan waktu" dan googlebot harus meninggalkan website anda sebelum menyapu semua link yang ada di dalamnya.

Lalu apa akibatnya pada SEO blog anda jika ternyata iframe berisi website yang berat atau bahkan macet itu anda pasang di sidebar dan muncul di semua halaman? Silahkan saudara asumsikan sendiri.

Lalu apakah Google Meneruskan Poin Pada Web yang kita Iframe?

Jawabnya adalah ya. Google bukan hanya mengindeks halaman web yang kita Iframe, Google bahkan meneruskan poin halaman dari halaman web kita ke halaman web yang kita iframe. Jadi sifat dari iframe bagi Googlebot adalah Index, Follow. Ini berbeda dengan Bing dan Yahoo! Kedua search engine ini menyikapi sebuah iframe sebagai noindex, nofollow.

Jadi sebelum anda memasang ini pada halaman web anda, pertimbangkanlah beberapa hal berikut ini:
  • Apakah anda yakin ingin memasang iframe yang ditayangkan di semua halaman web anda?
  • Apakah anda yakin server dari halaman web yang anda tempel itu mempunyai kecepatan muat yang prima
  • Apakah anda tidak keberatan memberikan poin halaman pada halaman web yang anda tempel di webpage anda?
Jika anda sudah sangat yakin dengan ketiga poin di atas, maka silahkan pasang iframe anda. Sekian dan selamat memutuskan!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih