Wednesday, May 20, 2015

10 Poster Propaganda Perang Dingin Yang Historik

loading...
Perang Dingin berlangsung sejak berakhirnya Perang Dunia II hingga awal 1990-an, meskipun Uni Soviet dan Amerika Serikat tidak pernah benar-benar terlibat dalam pertempuran langsung, namun Perang Dingin eksis dalam berbagai bentuk seperti perlombaan pengembangan senjata (perlombaan senjata nuklir), pengembangan teknologi (ruang perlombaan), spionase dan propaganda.

Di negara demokrasi Barat, materi propaganda amat bergejolak dan dilakukan dalam skala besar di dalam Perang Dunia Pertama dan Kedua Perang Dunia, namun mesin propaganda ini praktis tidak muncul lagi sejak 1945.

Sebaliknya, propaganda berikutnya justru muncul dari rival mereka. Dan berikut sebagian besar poster yang muncul dari Uni Soviet atau kelompok aktivis politik yang independen (non negara).

Poster dalam artikel ini tidak hanya dipilih berdasarkan konten yang sangat kreatif dan asli mereka, tapi juga karena pesan yang dibawanya.

1. Superman [Roman Cieslewicz, 1968]



Poster ini, yang muncul di sampul depan buku David Crowley yang berjudul "Posters of the Cold War" buku, menggambarkan Amerika Serikat dan Uni Soviet, sedang berdampingan sebagai karakter Superman identik.

Poster ini seakan membawa pesan bahwa setiap bangsa hanyalah sebuah bayangan cermin dari yang lain dan yang keduanya sama-sama berbahaya dan merusak. Cieslewicz menggunakan karakter Superman sebagai simbol maskulinitas, kejantanan dan kekonyolan dari Perang Dingin pada umumnya.

2. Jo-Jo The Dove [Unknown, 1951]



Kelompok anti-komunis Perancis, Paix et Liberté, menciptakan poster ini, yang secara terbuka mengolok-olok advokasi Stalin terhadap nilai kedamaian. Stalin digambarkan sebagai demonstran damai dengan motif jahat, di mana ia membawa plakat "Perdamaian" di salah tangan kanannya, sementara tangan kirinya memegang pentungan duri.

3. Don’t Brag About Your Job [Reginald Mount & Eileen Evans, 1960]



Poster Inggris ini ditampilkan dalam pemerintahan dan kantor militer di seluruh negeri. Meskipun tidak membawa pesan anti-komunis secara eksplisit, tapi kita bisa berasumsi, mengingat bahwa itu diterbitkan pada tahun 1960, yang memperingatkan terhadap kehadiran mata-mata Soviet.

4. Lenin [V. Briskin, 1970]


Uni Soviet sangat ingin mempromosikan citra positif dari dirinya sendiri sepanjang awal tahun 1970-an dengan latar belakang Perang Vietnam dan hubungan yang sangat volatil dengan Amerika Serikat.

Poster seperti ini membantu untuk menjaga ideologi politik Lenin agar tetap hidup. Tanpa slogan atau kata-kata asing apapun, poster ini jelas dirancang untuk khalayak Eropa dan Amerika.

5. To Fly Higher Than All, Farther Than All, Faster Than All [D. Pjatkin, 1954]


Poster ini diterbitkan satu tahun setelah kematian Stalin, poster ini memperkuat pesan bahwa penelitian Soviet dan pengembangan senjata dan mesin sedang berlangsung.

Dengan didanai secara substansial dari pampasan perang Jerman, Soviet mampu membangun MiG-9 Fargo turbo tempur pada tahun 1946 dan Yak-15 Feather sebagai pesawat penyerang pada tahun 1947. Bintang-bintang merah pada gambar di atas melambangkan skor membunuh pilot.

6. If You Want To Be Like Me- Just Train! [V. Koretskiy, 1951]


Uni Soviet ingin warganya menjadi kuat dan bisa bekerja untuk kepentingan Tanah Air, karena itu mereka melancarkan program yang disebut dengan BGTO.

Program pelatihan BGTO diperkenalkan pada tahun 1931 yang terdiri dari senam, lari dan lari jarak jauh, panjang dan tinggi melompat, cakram, lempar lembing, berenang, ski lintas-negara dan menembak tajam. Gambar anak laki-laki di poster di atas adalah membawa buku standar BGTO.

7. A Mighty Sports Power [B. Reshetnikov, 1962]


Pada tahun 1962, acara olahraga seperti Olimpiade telah menjadi ajang perebutan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Masing-masing seakan ingin menang dan menunjukkan kekuasaan dan dominasi mereka atas yang lain.

Pada Olimpiade tahun 1956 dan 1960, Uni Soviet menang. Karakter dalam poster ini telah dicat menyerupai obor Olimpiade, dengan medali emas di latar belakang.

8. Same Year Different Weather [Unknown, Year Unknown]


Seperti awan gelap membayangi Amerika Serikat, Uni Soviet mandi di sinar matahari yang cerah. Termometer hitam menunjukkan "Amerika Industri Rate" jauh di bawah "Soviet Industri Rate", yang ditampilkan pada termometer merah. Kotak informasi di bagian bawah bercerita tentang krisis ekonomi Amerika.

9. Stop Communism! [Unknown, Year Unknown]



Benar atau salah, Barat merasakan munculnya gerakan nasionalis di banyak negara dan wilayah di seluruh dunia yang bersekutu dengan kelompok komunis dan didukung oleh Uni Soviet.

Gerakan paling menonjol misalnya dapat dilihat seperti yang terjadi di Guatemala, Iran, Filipina dan Indocina. Poster ini menunjukkan bahwa semua mendukung Soviet. Demikian juga agresor bersenjata parang yang mencoba mencari pengaruh di Filipina.

10. People and the Party Are Undivided [M. V. Luk’janov and V.S. Karakashev, 1978]


Dalam poster ini, spanduk yang dibawa oleh warga berbaris Soviet membuat gambar agak halus wajah Lenin.

Pada poster itu berbunyi "Orang-orang dan partai yang tak terbagi" Slogan Soviet yang terkenal ini pertama kali muncul di Pravda, surat kabar terkemuka dari Uni Soviet, pada 8 Maret 1953, hanya tiga hari setelah kematian Stalin.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih